Bukan Corona! Ternyata Ini Pembunuh dalam Senyap untuk Jutaan Warga India

Bukan Corona! Ternyata Ini Pembunuh dalam Senyap untuk Jutaan Warga India Kredit Foto: Antara/REUTERS/Adnan Abidi

Gulpreet Singh meminta makanan dari tikar rami kotor yang tersebar di trotoar di luar stasiun metro South Campus Delhi.

Seperti jutaan orang India yang bertahan hidup dengan handout atau upah harian, pria berusia 84 tahun itu mengatakan bahwa dia tidak punya pilihan selain berada di luar, menghirup udara yang diselimuti kabut asap di ibu kota India.

Baca Juga: India Lockdown Bukan karena Kasus Covid-19 tapi Lebih Menghindari Fenomena Ini

"Saya datang ke sini dan menunggu. Kadang-kadang, orang memberi saya makanan," kata Singh, suaranya tegang karena suara becak dan mobil yang menyemburkan asap hanya beberapa meter jauhnya.

Delhi sering menempati peringkat di antara kota-kota paling tercemar di dunia, dan polusi udara di sana mencapai tingkat "berbahaya" pada awal November, menurut Indeks Kualitas Udara Nasional (AQI) India, yang melacak keberadaan partikel berbahaya di udara.

Tetapi beberapa penduduk Delhi telah menjadi begitu terbiasa dengan udara yang buruk sehingga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari -- mereka hampir tidak menyadarinya, kata mereka.

Yang lain mengatakan itu membuat mereka sakit.

Tersedak kabut asap

Seorang petugas polisi yang mengatur lalu lintas di salah satu persimpangan Delhi yang sibuk mengatakan tingkat polusi menjadi "tak tertahankan" pada musim dingin ini.

"Saya melepas topeng saya karena saya perlu meniup peluit untuk menghentikan lalu lintas, tetapi itu mengerikan," kata petugas berusia 48 tahun, yang tidak mengungkapkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan polisi. media.

Asap knalpot mengalir dari deretan kendaraan di sekitarnya -- dia bilang dia sulit mengatur napas.

"Mata saya sakit. Sulit bernapas. Ini tidak mudah," katanya, CNN melaporkan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini