Paling Aktif di Dunia, Total Volume Transaksi Kripto Rusia Berjumlah 5 Miliar Dolar

Paling Aktif di Dunia, Total Volume Transaksi Kripto Rusia Berjumlah 5 Miliar Dolar Kredit Foto: Unsplash/Pierre Borthiry

Orang Rusia adalah salah satu peserta pasar cryptocurrency paling aktif di dunia, menurut bank sentral negara itu. Bank Rusia menerbitkan tinjauan baru tentang stabilitas keuangan pada hari Kamis (25/11), menunjukkan peran negara yang berkembang di pasar senilai 2,8 triliun dolar.

Mengutip perkiraan yang dilaporkan oleh bank-bank lokal besar pada Juli 2021, Bank Rusia menyarankan bahwa total volume tahunan transaksi kripto dari populasi Rusia berjumlah 350 miliar rubel, atau setara dengan 5 miliar dolar.

Baca Juga: Kata CEO Binance soal Warren Buffett yang Tidak Tertarik dengan Kripto: Tidak untuk Semua Orang

Tidak jelas apakah Bank Rusia telah mengubah estimasi ini karena harga Bitcoin (BTC) hampir dua kali lipat sejak Juli, melonjak dari sekitar 30.000 dolar menjadi lebih dari 60.000 dolar pada bulan November.

Dalam laporan tersebut, Bank Rusia juga mencatat bahwa Federasi Rusia adalah salah satu pemimpin global dalam hal kunjungan ke pertukaran cryptocurrency Binance. Menurut data dari penyedia intelijen digital SimilarWeb, Rusia adalah yang terbesar kedua dalam hal total lalu lintas di Binance setelah Turki.

Bank sentral Rusia juga mencatat bahwa Rusia adalah salah satu negara penambang Bitcoin terbesar di dunia, peringkat ketiga dalam hal tingkat hash nasional, menurut Indeks Konsumsi Listrik Bitcoin Cambridge pada Agustus 2021.

Meskipun mengakui posisi terdepan Rusia di pasar cryptocurrency global, Bank Russia masih menguraikan risiko utama yang terkait dengan industri, termasuk yang terkait dengan stabilitas keuangan, perlindungan investor, pencucian uang dan pembiayaan kriminal serta risiko LST.

Bank sentral tidak menyarankan tindakan segera untuk mengatasi risiko ini, tetapi mengatakan akan memantau pasar dengan cermat untuk mengidentifikasi potensi ancaman.

"Hubungan antara mata uang digital dan sektor keuangan masih terbatas saat ini. Namun, pertumbuhan yang cepat dan adopsi mata uang digital yang meluas akan menimbulkan risiko yang lebih tinggi baik secara global maupun untuk pasar keuangan Rusia," kata Bank Rusia.

Bank Rusia telah mengambil sikap keras terhadap cryptocurrency dengan gubernur Elvira Nabiullina berpendapat bahwa pemerintah yang bertanggung jawab tidak boleh mendorong adopsi kripto. Bank sentral dikenal karena tidak mengizinkan bank lokal untuk berurusan dengan kripto dan mempromosikan penggunaan mata uang digitalnya sendiri. Ini telah menyebabkan situasi di mana tidak ada pertukaran kripto Rusia sekarang yang dapat menawarkan layanannya secara legal.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini