Anggota DPR Amerika Temui Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Anggota DPR Amerika Temui Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Kredit Foto: AP Photo/Taiwan Presidential Office

Lima anggota DPR Amerika Serikat baru-baru ini bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam kunjungan kejutan satu hari. Agenda itu menegaskan kembali dukungan "kokoh" AS untuk Taipei, Associated Press melaporkan.

Empat Demokrat dan satu Republik dari DPR tiba di Taiwan pada Kamis (25/11/2021) malam untuk bertemu dengan para pemimpin senior termasuk presiden, kata American Institute di Taiwan, kedutaan besar AS secara de facto. AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan.

Baca Juga: Militer China Siap untuk Menghancurkan Kemerdekaan Taiwan

“Kami berada di Taiwan minggu ini untuk mengingatkan mitra dan sekutu kami, setelah dua tahun mencoba yang kami alami, bahwa komitmen dan tanggung jawab bersama kami untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan aman tetap lebih kuat dari sebelumnya,” kata Mark Takano, anggota DPR dari Demokrat.

Sara Jacobs, Demokrat lain dari California, Colin Allred, seorang Demokrat Texas dan Nancy Mace, seorang Republik dari South Caroline, juga merupakan bagian dari delegasi.

Takano mengatakan hubungan AS dengan Taiwan “kokoh dan tetap teguh karena hubungan di antara kami semakin dalam.”

Tsai, yang menyambut para anggota DPR di Kantor Kepresidenan di Taipei. Dia mencatat kerja sama kedua belah pihak dalam urusan veteran, masalah ekonomi dan perdagangan sambil menegaskan kembali keselarasan erat pulau itu dengan AS.

“Taiwan akan terus meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat untuk menegakkan nilai-nilai kebebasan dan demokrasi kita bersama dan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu,” katanya.

Kunjungan itu adalah yang ketiga oleh anggota DPR AS ke Taiwan tahun ini dan datang hanya beberapa minggu setelah sekelompok enam anggota Kongres dari Partai Republik mengunjungi pulau itu.

Delegasi itu antara lain bertemu dengan Presiden Tsai, Sekretaris Jenderal Keamanan Nasional Wellington Koo dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini