Jeng-jeng! Kasus Omicron Pertama di Jepang Terkonfirmasi Sehari Setelah Pintu Asing Ditutup

Jeng-jeng! Kasus Omicron Pertama di Jepang Terkonfirmasi Sehari Setelah Pintu Asing Ditutup Kredit Foto: Bloomberg/Toru Hanai

Jepang mengkonfirmasi kasus pertama varian Omicron dari virus corona pada Selasa (30/11/2021). Laporan ini dirilis sehari setelah menutup perbatasannya untuk semua orang asing dalam salah satu tindakan pencegahan terberat di dunia.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan penemuan penderita, seorang diplomat dari Namibia berusia tiga puluhan yang tiba di bandara ibu kota Jepang Narita, menunjukkan bahwa kontrol perbatasan telah berhasil.

Baca Juga: Jepang Tutup Pintu Internasional! Larang Semua Asing dari Pelancong, Mahasiswa hingga Bisnis

"Untuk menghindari situasi terburuk dengan Omicron, kami akan tetap di atas situasi infeksi di setiap negara dan merespons secara fleksibel dan cepat," kata Matsuno, dilansir Reuters, Selasa (30/11/2021).

Kasus tersebut dapat menunjukkan bahwa Perdana Menteri Fumio Kishida benar dalam membuat keputusan penutupan yang cepat. Ini juga membantu untuk menghindari jenis kritik yang mendorong pengunduran diri pendahulunya Yoshihide Suga pada bulan September atas penanganannya terhadap virus tersebut.

Kishida telah berjanji untuk meningkatkan respons Jepang terhadap pandemi ketika dia berkampanye untuk menggantikan Suga, yang penanganan krisisnya membuat banyak orang tidak puas.

Pembatasan perbatasan sedikit dilonggarkan hanya beberapa minggu yang lalu, dan Kishida mengatakan dia akan bertanggung jawab atas semua kritik atas keputusannya untuk menutup negara itu lagi dalam sebuah langkah yang menurut para analis bertujuan untuk mengirim pesan yang kuat.

"Dia mengatakan bahwa dia adalah seorang pemimpin yang kuat dalam krisis, bahwa dia dapat membuat langkah yang menentukan," kata Airo Hino, seorang profesor ilmu politik di Universitas Waseda.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini