LaNyalla Dorong Pemerintah Riset Mitigasi Kebencanaan

LaNyalla Dorong Pemerintah Riset Mitigasi Kebencanaan Kredit Foto: Akurat

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong pemerintah untuk melakukan riset mitigasi kebencanaan secara komprehensif. 

Menurut LaNyalla yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru, Riau, Rabu (8/12/2021), hal itu penting untuk dilakukan lantaran Indonesia berada pada zona cincin api yang rentan terhadap bencana.

"Seluruh potensi kebencanaan itu harus diindentifikasi. Begitu juga dengan mitigasinya, harus disiapkan dengan baik, karena potensi bencana yang cukup besar di Indonesia," kata LaNyalla

Senator asal Jawa Timur itu mendorong realisasi pengadaan teknologi kebencanaan yang dipamerkan di Indonesia International Disaster Expo & Conference (IIDEC 2021). 

Baca Juga: Wah... Rajin Banget! Kali Ini Rocky Gerung Soroti Gestur Presiden Jokowi saat Pidato: Terlihat...

Ia meminta peran Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana (PTRRB) yang berada di bawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mempercepat pengkajian dan penerapan di bidang teknologi reduksi risiko bencana. 

"Negara kita sudah berada dalam kondisi darurat kebencanaan. Penting untuk dilakukan kajian dan riset secara komprehensif," papar dia. 

Dikatakannya, pemerintah perlu menyegerakan perumusan serta pembangunan ekosistem riset teknologi untuk mereduksi resiko bencana di Indonesia dan mewujudkan dalam bentuk yang lebih baik.

"Saya meminta teknologi yang dimiliki sedapat mungkin dimaksimalkan dimanfaatkan untuk mereduksi risiko bencana di Indonesia," katanya.

LaNyalla berharap para pemangku kepentingan dapat merumuskan serta membangun ekosistem riset teknologi yang tepat guna dalam mendukung program reduksi risiko bencana di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berkolaborasi dengan Naganaya Indonesia menghadirkan teknologi kebencanaan terbaru di Indonesia International Disaster Expo & Conference (IIDEC 2021).

Baca Juga: Langsung 'Tancap Gas' Omongan Tokoh 212 Soal Ucapan Dudung Abdurachman: Wajib Mengundurkan Diri!

IIDEC 2021, satu rangkaian pameran dan konferensi mengenai solusi, riset dan teknologi bencana alam yang akan diadakan dalam platform virtual inovatif. Pameran berlangsung dari 8 -15 Desember 2021, sedangkan konferensi akan diselenggarakan di penghujung acara yaitu tanggal 14 – 15 Desember 2021.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini