Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maverick Indonesia Raih Penghargaan Emas di Ajang AMEC Awards 2021

Maverick Indonesia Raih Penghargaan Emas di Ajang AMEC Awards 2021 Kredit Foto: Maverick Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Maverick Indonesia berhasil meraih penghargaan emas dalam AMEC Awards 2021 yang diselenggarakan oleh International Association for Measurement and Evaluation of Communication (AMEC). Maverick Indonesia mendapatkan emas dalam kategori Best first steps on a measurement journey. AMEC Awards merupakan program penghargaan global untuk pengukuran kinerja komunikasi dalam industri public relations (PR) yang diselenggarakan setiap tahun.

Global Managing Director AMEC, Johna Burke, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Maverick Indonesia menerapkan AMEC Integrated Evaluation Framework sebagai standar pengukuran PR dan komunikasi dengan baik dan efektif.

Baca Juga: Indonesia Menghasilkan Tenaga Humas Paling Banyak di Dunia, Ini Misi Prita

"Kami menilai langkah Maverick Indonesia dalam mengikutsertakan praktik pengukuran keberhasilan program klien dari matriks Advertising Value Equivalent (AVE) ke metode yang dibentuk AMEC secara keseluruhan, layak untuk mendapatkan penghargaan kategori emas tahun ini," tutur Burke, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Standar pengukuran yang dibentuk AMEC merupakan metode yang berfokus pada outcome (dampak), tidak hanya output dalam mengukur tingkat efektivitas komunikasi di industri PR, dan telah menjadi standar pengukuran internasional. Tahun 2021 merupakan ajang ke-19 AMEC Awards yang dilangsungkan secara virtual pada akhir November lalu. Terdapat lima penghargaan dalam AMEC Awards yang terbagi dalam beberapa kategori dan tingkatan, yaitu platinum, emas, perak, dan perunggu.

"Menurut saya ini akan menjadi awal dari penghargaan lain yang akan diperoleh Maverick Indonesia," ujar Burke.

Director Monitoring and Analytics Maverick Indonesia, Felicia Nugroho, mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan Maverick Indonesia dalam AMEC Awards 2021. "Penghargaan ini sangat bermakna bagi Maverick dan tentunya bagi saya pribadi. Penerapan AMEC Integrated Evaluation Framework untuk klien-klien Maverick sudah mulai berjalan sejak tahun 2018 dan kini kami mengimplementasikan kerangka evaluasi terintegrasi ini pada hampir seluruh klien. Hal ini dirasa penting mengingat perhitungan berdasar PR value (AVE) yang dilakukan sebelumnya sudah tidak efektif," tutur Felicia.

Felicia menekankan pentingnya penerapan AMEC Integrated Evaluation Framework dalam mengukur keberhasilan komunikasi. Maverick berharap akan lebih banyak praktisi-praktisi PR dan komunikasi yang mengenal AMEC dan metode pengukuran komunikasi yang dibentuknya.

"Sangat mungkin untuk mengukur hasil dari program komunikasi dengan melihat dampak pada target audiens. Selain itu, Maverick juga berharap agar AMEC Integrated Evaluation Framework dan Barcelona Principles dijadikan bagian dari kurikulum program komunikasi institusi pendidikan agar lulusannya memiliki kompetensi dalam mengukur program komunikasi dengan benar," tuturnya.

Penghargaan AMEC Awards 2021 di penghujung tahun ini makin mengukuhkan Maverick sebagai konsultan komunikasi terkemuka di Indonesia. Penghargaan lain yang pernah diraih Maverick Indonesia sebelumnya adalah Best PR Agency dari ASEAN Public Relation Network (2019), Marketing PR Awards untuk kategori crisis management (2017), dan The Golds Standards Awards untuk Issues Management (2017).

Baca Juga: Duh! Ganjar Sebut Beking Tambang Ilegal di Klaten Gede-Gede, Eh Diceletukin: Kenapa Gak Lapor Kapolri? Sebutin Dong Namanya..

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: