Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yaqut Cholil Pastikan Tunjangan Guru Agama Sebesar Rp142 Miliar Sudah Cair

Yaqut Cholil Pastikan Tunjangan Guru Agama Sebesar Rp142 Miliar Sudah Cair Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) mencairkan kekurangan tunjangan kinerja (tukin) guru dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI). Total tunjangan yang akan dicairkan mencapai Rp142,3 miliar untuk 8.649 guru dan pengawas PAI.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan kekurangan pembayaran tunjangan guru dan pengawas PAI dipastikan selesai di tahun 2021.

Menurutnya, Kemenag sudah menerima laporan hasil kajian atas tunggakan kinerja guru dan pengawas PAI PNS di sekolah yang diangkat Kementerian Agama periode Mei 2018 sampai Desember 2020 dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kemenag terus berupaya untuk memenuhi kekurangan pembayaran tunjangan kinerja guru dan pengawas PAI selesai di tahun 2021. Saat ini tim di Kemenag sedang melakukan proses pembayaran,” ujar Menag di Jakarta, kemarin.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, proses verifikasi validasi BPKP melalui Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA).

Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam penyajian data dan aspek akuntabilitas pembayaran tunjangan terutang akan terpenuhi.

Ramdhani memastikan pembayaran kekurangan tunjangan guru dan pengawas PAI tidak ada pemotongan. Menurutnya, semua proses pelaksanaan pembayaran kekurangan tunjangan guru dan pengawas PAI pada sekolah yang diangkat oleh Kemenag dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

“Pembayaran dilakukan dengan akurat, cermat, cepat, dan Kemenag memastikan tidak ada pemotongan kecuali pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Ramdhani.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan