Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Saling Kejar, Kini Makin Tipis

Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Saling Kejar, Kini Makin Tipis Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil survei terbaru Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto menempati urutan teratas sebagai calon presiden (capres). Prabowo unggul dengan 19,3%, beda tipis dari Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 19,1%.

"Persaingan ketat memperebutkan peringkat pertama dalam bursa calon presiden terjadi antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Survei dilakukan pada 1-10 Desember 2021 melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Achmad mengungkap besar peluang Ganjar menyalip Prabowo sebab dari grafik dukungan terhadap Prabowo cenderung tidak bergeser, sedangkan Ganjar berpeluang meningkatkan elektabilitasnya.

Di posisi ketiga ditempati Anies Baswedan. Hasil survei memotret elektabilitas Anies sebesar 10,8%, disusul Ridwan Kamil dengan 10,0% dan Sandiaga Uno di posisi lima dengan 7,2%.

Hasil survei juga menunjukkan Tri Rismaharini mendapat elektabilitas 5%, Erick Thohir 4,6% dan Agus Harimurti Yudhoyono 4%. 

Kemudian Khofifah Indar Parawansa 2,7% dan Giring Ganesha 2,5%. Sementara di papan bawah ada nama Puan Maharani dengan 1,5%, Mahfud MD 1,1% dan Airlangga Hartarto 1%.

Baca Juga: Terbongkar! Jadi Ini Alasan Elektabilitas Prabowo Topcer

Nama-nama lainnya masih di bawah satu persen, sedangkan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 10,16%"Meskipun berada di papan bawah, Puan dan Airlangga merepresentasikan dua partai politik besar yaitu PDIP dan Golkar," tukas Achmad.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan