Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Prancis Tawarkan Teknologi Pertahanan Terbaik untuk India, Bikin China Murka?

Prancis Tawarkan Teknologi Pertahanan Terbaik untuk India, Bikin China Murka? Kredit Foto: Sindonews
Warta Ekonomi, New Delhi -

India dan Prancis pada Jumat (17/12/2021) membahas kolaborasi masa depan dan produksi bersama peralatan pertahanan selama kunjungan menteri pertahanan Prancis.

Florence Parly dan mitranya dari India Rajnath Singh menyatakan komitmen mereka untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di semua domain, kata Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan, dilansir Associated Press.

Baca Juga: Akun Twitter Perdana Mentri India Diretas, Bagikan Berbagai Info Menyesatkan Terkait Kripto

Pernyataan itu tidak memberikan rincian, tetapi Parly dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Times of India menjelang pembicaraan hari Jumat mengatakan dia akan mengulangi komitmen Prancis untuk menawarkan yang terbaik dari teknologi pertahanannya dengan komponen "Make in India" yang tinggi.

Parly juga bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan memberikan penghormatan kepada tentara India di National War Memorial.

Prancis menggambarkan India sebagai “mitra utamanya” di kawasan Indo-Pasifik yang terguncang oleh kekhawatiran atas meningkatnya pengaruh China.

Prancis menyatakan tekadnya untuk memperluas kerja sama strategis dengan India setelah marah karena ditinggalkan dari kesepakatan kapal selam nuklir dengan Australia, yang pada September mengumumkan aliansi keamanan baru dengan Inggris dan Amerika Serikat.

India telah membeli 36 pesawat tempur Rafale dari Prancis di bawah kontrak pemerintah yang ditandatangani pada September 2016. India mungkin membeli beberapa pesawat Rafale lagi, selain helikopter jarak menengah untuk angkatan lautnya dan upgrade pesawat tempur dan kapal selam Prancis Mirage, kata laporan media India.

India dan Prancis semakin terlibat dalam keamanan maritim di kawasan Indo-Pasifik, kontraterorisme, serta diskusi tentang perubahan iklim, energi terbarukan, serta pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan, menurut Kementerian Luar Negeri India.

Prancis telah muncul sebagai sumber utama investasi asing langsung bagi India dengan lebih dari 1.000 perusahaan Prancis telah aktif di negara tersebut. Prancis adalah investor asing terbesar ketujuh di India dengan saham FDI kumulatif sebesar $9 miliar dari April 2000 hingga Desember 2020. Ada lebih dari 150 perusahaan India yang beroperasi di Prancis.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan