Ilmuwan Mengkonfirmasi Temuan Serangga Terbesar dalam Sejarah dengan Ukuran Sebesar Mobil! Kredit Foto: Unsplash/Vineeth Kumar
Warta Ekonomi, Washington -

Sebelum dinosaurus, serangga raksasa yang berkeliaran di Bumi, atau setidaknya Inggris utara, kata para ilmuwan. Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan pada Selasa (21/12/2021), para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa fosil yang ditemukan pada tahun 2018 adalah fosil kaki seribu besar "sebesar mobil", berukuran hampir 9 kaki panjangnya.

Sepotong invertebrata raksasa berukuran sekitar 29,5 inci ditemukan di blok batu pasir di sebelah tebing pantai di pantai Northumberland Inggris utara pada Januari 2018. Fosil Arthropleura hanya fosil ketiga yang pernah ditemukan, dan menurut para peneliti, adalah fosil terbesar dan tertua. Makhluk itu berasal dari sekitar 326 juta tahun, lebih dari 100 juta tahun sebelum dinosaurus.

Baca Juga: Bangga! Lukisan Hewan Dinding Gua Tertua di Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Usianya Gak Main-main!

Ketika masih hidup, para peneliti memperkirakan, serangga itu berukuran sekitar 8,8 kaki panjangnya dan beratnya lebih dari 110 pon. Temuan mereka dipublikasikan di Journal of the Geological Society.

"Menemukan fosil kaki seribu raksasa ini jarang terjadi, karena begitu mereka mati, tubuh mereka cenderung tidak beraturan, jadi kemungkinan besar fosil tersebut adalah karapas kulit yang ditumpahkan hewan saat tumbuh," Neil Davies, penulis utama studi dan peneliti di Departemen Ilmu Bumi Universitas Cambridge, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami belum menemukan fosil kepala, jadi sulit untuk mengetahui segalanya tentang mereka," tambah Davies, seperti dilansir CBS News, Rabu (22/12/2021).

F11.large.jpg?width=800&height=600&carousel=1

Para ilmuwan percaya kaki seribu hanya ada di daerah dekat khatulistiwa, termasuk Inggris Raya selama periode Karbon, dan lebih menyukai habitat hutan terbuka di dekat pantai. Jenis kaki seribu ini diyakini telah ada selama kurang lebih 45 juta tahun sebelum punah.

Davies mengatakan tidak jelas bagaimana makhluk itu menjadi begitu besar, tetapi para peneliti berpikir diet mereka mungkin memainkan peran.

"Meskipun kita tidak tahu pasti apa yang mereka makan, ada banyak kacang-kacangan dan biji-bijian bergizi yang tersedia di serasah daun pada saat itu," katanya, "dan mereka mungkin predator yang memakan invertebrata lain dan bahkan vertebrata kecil. seperti amfibi."

Fosil kaki seribu raksasa akan dipamerkan di Museum Sedgwick Cambridge mulai tahun 2022.