Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tembus Rp739 M! Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia!

Tembus Rp739 M! Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia! Kredit Foto: Unsplash/Arisa Chattasa
Warta Ekonomi, London -

Sejumlah dokumen di dunia diketahui memiliki peran penting terhadap sejarah dunia. Beberapa dokumen diketahui disimpan di berbagai museum hingga perpustakaan dunia.

Namun, beberapa lainnya dimiliki oleh sejumlah orang kaya dunia. Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan dokumen termahal di dunia. 

1. The Codex Leicester

Tembus Rp739 M Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia - Foto 1

Codex Leicester merupakan dokumen dari Leonardo da Vinci yang berisi berbagai manuskrip tentang ide dan diagram dari sang maestro. Dokumen ini merupakan satu-satunya buku catatan milik da Vinci yang dimiliki oleh pribadi.

Sedangkan dokumen ini dibeli oleh Bill Gates dengan nilai yang telah disesuaikand engan inflasi senilai AUD 72 juta atau sekitar Rp739 miliar pada tahun 1994 lalu. 

2. Edisi pertama Konstitusi AS

Tembus Rp739 M Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia - Foto 2

Cetakan pertama dari dokumen akhir Konstitusi AS merupakan dokumen sejarah yang berhasil terjual dengan nilai tertinggi di dunia. Dimiliki oleh Ken Griffin, dokumen ini terjual dengan nilai mencapai AUD 59,6 juta atau sekitar Rp611 miliar di pelalngan Sotheby paad tahun 2021 lalu. 

3. Buku Mormon

Tembus Rp739 M Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia - Foto 3

Dibeli oleh Gereja Yesus Kristur Latter-day Saints, manuskrip cetak dari Buku Mormon terjual sekitar AUD 48,3 juta atau sekitar Rp495 miliar pada tahun 2017 silam. Manuskrip tersebut merupakan salinan dari tulisan tangan manuskrip asli Buku Mormon. 

4. Sherborne Missal

Tembus Rp739 M Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia - Foto 4

Berjumlah 347 halaman, buku doa Sherborne Missal merupakan buku doa terbesar di Inggris di Abad Pertengahan.

Buku doa yang dicetak pada sekitar abad 15 ini terjual dengan nilai mencapai USD 33,7 juta atau sekitar Rp493 miliar pada tahun 2001 silam. 

5. Buku doa Henry the Lion

Tembus Rp739 M Ini 7 Dokumen Termahal di Dunia - Foto 5

Dipublikasikan di akhir abad ke-12, buku doa milik Henry the Lion ini terjual dengan nilai mencapai USD 33 juta atau sekitar Rp483 miliar. Buku ini pernah ditampilkan di Perpustakaan Herzog August di Wolfenbuttel hanya selama enam minggu saja.

Baca Juga: Ikuti Gaya Anies, Heru Budi Beri Nama Anak Jerapah dan Gajah

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Akurat.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: