Integrasi Teknologi di Tengah Pandemi, Sociolla Catat 4 Perubahan Perilaku Pelanggan Kecantikan
Sepanjang tahun 2021 di tengah naik turunnya penyebaran virus COVID-19 hingga kondisi pemulihan di periode menuju akhir tahun ini, beauty-tech company Social Bella mencatat empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang terus beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.
Melansir dari siaran resminya, Senin (27/12) selain memperkuat ketahanan industri kecantikan dengan tren permintaan yang terus meningkat di tengah pandemi, perubahan perilaku ini juga menunjukkan beauty enthusiast semakin menikmati kemudahan teknologi dalam mencari dan menemukan produk-produk kecantikan yang dibutuhkan.
Baca Juga: Gandeng Cosmax Indonesia, Hypefast Perkuat Investasi di Brand Kecantikan dan Kesehatan
Co-Founder & CMO Social Bella, Chrisanti Indiana mengungkapkan selama pandemi, ia melihat pelanggan kecantikan merupakan yang paling adaptif di tengah perubahan yang terus terjadi.
"Dengan kemudahan teknologi dan informasi mendorong mereka secara jeli memanfaatkan peluang yang ada, seperti memanfaatkan waktu di rumah untuk menghidrasi kulit saat Work From Home (WFH), bereksplorasi dengan riasan tren make up meskipun menggunakan masker, secara aktif mempelajari kandungan produk di tengah arus produk baru yang terus bermunculan, dan masih banyak yang lainnya,” ungkapnya.
Menurutnya, pergerakan dan perubahan perilaku dan kebutuhan pelanggan akan produk kecantikan tersebut secara lengkap terangkum dalam jaringan ekosistem Social Bella yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Selain mengamati empat perubahan perilaku pelanggan, Chrisanti melihat bahwa implementasi WFH yang masih akan berlanjut di tahun depan diprediksi tetap berdampak signifikan terhadap tren pengguna pada 2022.
Berikut adalah empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang dibagikan oleh Social Bella.
1. Ulasan produk jadi andalan pelanggan sebelum memutuskan pembelian
Di tengah ratusan brand kecantikan yang hadir di Indonesia ditambah kemudahan teknologi dan informasi, kini beauty enthusiast semakin mengandalkan ulasan pelanggan lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk.
Tidak hanya itu, beauty enthusiast juga terdorong untuk berbagi ulasan atas produk yang mereka beli dan gunakan di platform review sebagaimana tercermin pada data di aplikasi SOCO, platform review produk bagian dari Social Bella untuk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia dengan lebih dari 90.000 produk dengan lebih dari 2,3 juta ulasan.
SOCO mencatat adanya peningkatan pengguna di 2021 hingga 31% dibandingkan tahun lalu. Melalui integrasi teknologi, pelanggan cukup melakukan scan barcode pada fitur yang tersedia di aplikasi SOCO pada produk yang diinginkan untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan produk, hingga rating dan ulasan pelanggan lainnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq
Tag Terkait: