Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Burgreens dan Green Rebel Luncurkan Kampanye Veganuary Indonesia, Apa Itu?

Burgreens dan Green Rebel Luncurkan Kampanye Veganuary Indonesia, Apa Itu? Kredit Foto: Burgreens dan Green Rebel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Burgreens, jaringan restoran dengan makanan berbasis nabati, beserta Green Rebel, startup teknologi pangan pertama di Indonesia yang memproduksi daging dan keju nabati, mengumumkan peluncuran "Veganuary Indonesia", yaitu ajakan untuk konsumsi makanan berbasis 100% nabati satu kali dalam sehari (flexitarian), selama bulan Januari 2022 untuk meningkatkan kesehatan serta sebagai upaya untuk lebih melindungi lingkungan.

Burgreens dan Green Rebel (GREEN FAMILY GROUP) menganggap bahwa kampanye Veganuary sangatlah penting, terutama sebagai ajang untuk mengedukasi masyarakat tentang Planetary Healthy Diet. Terlebih, menurut riset EAT oleh Dr. Brent Loken-Indonesia sudah di batas maksimal bumi untuk konsumsi daging merah, tetapi masih sangat kurang mengonsumsi keluarga kacang-kacangan dan polong-polongan (beans & nuts) dan sayur-sayuran. Kacang-kacangan dan polong-polongan adalah sumber protein nabati yang tinggi protein, serat, phytonutrient, dan aneka vitamin dan mineral.

Baca Juga: Sinergi dan Inovasi untuk Mencapai Sustainability untuk Industri Makanan

Agar lebih mudah diadopsi oleh masyarakat Indonesia, GREEN FAMILY melakukan penyesuaian menjadi flexitarian (flexible vegetarian) yang mengajak #TryVegan dengan #OneVeganMealADay.

Helga Angelina, co-founder dan CEO dari Burgreens dan Green Rebel, menjelaskan bahwa protein hewani terutama daging merah dan produk susu adalah makanan yang paling tidak ramah bumi karena merupakan kontributor utama gas metana dan mengambil banyak penggunaan lahan dan air. Kembali ke diet nenek moyang Indonesia yang kaya akan ragam protein nabati dan rendah konsumsi daging hewan dan susu sapi, menurutnya, sejalan dengan Planetary Healthy Diet.

"Dengan versi flexitarian dari Veganuary Indonesia, kami berharap bisa menjadi pintu utama untuk masyarakat Indonesia mulai menghargai aneka ragam protein nabati yang tidak hanya sehat untuk mereka, tapi juga membantu kelestarian bumi. Diet change, not climate change," jelas Helga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pola makan berbasis nabati (baik sebagian besar atau seluruhnya) dapat menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kanker, menjaga berat ideal, meningkatkan kesehatan mental dan menjaga sistem imun.

Observasi atas Blue Zones, atau berbagai daerah di dunia dengan populasi paling bahagia dan panjang umur juga menunjukkan bahwa pilar gaya hidup penting untuk populasi centenerian (orang yang hidup sampai usia 100 tahun) adalah pola makan berbasis nabati dan sumber protein utama dari legumes (kacang-kacangan dan polong-polongan).

Bicara tentang dampak lingkungan, Burgreens dan Green Rebel menyebut bahwa masyarakat dapat mengurangi jejak karbon individu sebanyak 40% dengan mengganti konsumsi daging merah ke protein nabati, 60% bila menerapkan 2x makan vegan sehari (Two-thirds Vegan) dan sampai dengan 85% bila menerapkan pola makan nabati 100% (Vegan).

Kampanye "Veganuary Indonesia" didukung oleh berbagai figur publik seperti Eva Celia, Abigail Cantika, Arifin Putra, Marc Klok, Haseena Bharata, Andovi Da Lopez, Lukman Benjamin, serta beberapa kolaborator lainnya.

"2022 bisa diawali dengan berpikir kreatif dalam memadupadankan menu makanan sehat setiap hari. Memulai 2022 dengan sesuatu yang sehat dan tidak merugikan siapa pun, pasti jadi awal yang menarik," kata Abigail Cantika, musisi Indonesia yang juga yang menjalani pola makan 100% nabati.

Peserta dapat bergabung dengan mendaftar ke burgreens.com/veganuary2022 atau greenrebelfoods.com/veganuary2022 dan mendapatkan akses ke serangkaian Green Classes mulai dari Kelas Nutrisi, Kelas Planetary Healthy Diet, dan Climate Activism. Spesial untuk para partisipan yang bergabung dengan kampanye ini, Burgreens dan Green Rebel akan memberikan diskon sebesar 15-20% untuk seluruh produk selama bulan Januari 2022.

Beberapa brand lokal seperti The Bulksource, Sebumi, Sustaination, Sukkha Citta, 21 Hari Vegan, Green Welfare, Tempe Movement, Living Barn, Youthtopia, Javara dan Paradigm Fitness juga akan berkolaborasi dalam kampanye ini, memberikan berbagai beberapa webinar tentang hidup yang lebih sehat dan hijau, berikut dengan hadiah menarik bagi partisipan Veganuary.

Selain itu, berbagai restoran juga berkolaborasi dengan Green Rebel untuk menyediakan rangkaian menu plant-based di bulan Januari 2022, dengan berbagai promosi menarik. Restoran yang bergabung dengan kampanye ini adalah:

Max’s Pizza, ABUBA, Coffee Academics, Twelve, Okuzono, Queen's Tandoor, KOI, Sliced Pizza, Anomali, Kinkitsuya, Mad Bagel, BALI DIRECT Store at AshtaDistric8, Mayur’s, SUBO Family, Tambah Kali, Stockholm Syndrome, Proklamasi Catering, Plantalicious, Roti Eneng, Woogie Boogie, LoavesLattesandmore, Two Fat Indians, Cake A Licious dan Hobee Sehat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: