Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Butuh Dana Jumbo Buat Bayar Utang, Pemilik Restoran Gokana Jual Saham ke Masyarakat

Butuh Dana Jumbo Buat Bayar Utang, Pemilik Restoran Gokana Jual Saham ke Masyarakat Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan yang bergerak di bidang restoran dengan merek Gokana, Raa Cha, BMK hingga BMK yakni, PT Champ Resto Indonesia Tbk berencana menggalang dana dari pasar modal. 

Perusahaan berencana melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan  menawarkan sebanyak 666.666.000 saham dengan nilai nominal Rp 10. Besaran yang dilego ke publik tersebut setara dengan 30% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Saham yang ditawarkan tersebut 222.222.000 saham merupakan saham baru dan dikeluarkan dari portepel Champ Resto Indonesia. Sisanya 444.444.000 saham milik Barokah Melayu Foods Pte Ltd yang merupakan pemegang saham penjual atau saham divestasi. 

Baca Juga: Miris! Nasib Maskapai Penerbangan Milik Negara dan Taipan Tony Fernandes Bak Langit dan Bumi

Perseroan membanderol harga penawaran dikisaran Rp 800-Rp 950 per saham. Sehingga diperkirakan perseroan akan megrab dana senilai Rp633,33 miliar dari IPO. Di mana, dana hasil penawaran umum saham baru Rp 211,11 miliar dan saham divestasi Rp 422,22 miliar.

Perusahaan yang hingga November 2021 masih mengalami rugi sebesar Rp53,08 miliar ini bakal menggunakan dana IPO sebesar 22% untuk membayar sebagian utang perseroan kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk. 

Kemudian, sekitar 22% lagi untuk melunasi utang perseroan kepada Ali Gunawan Budiman dan Barokah Melayu Foods Pte Ltd. Sebagian dana hasil IPO juga akan digunakan untuk belanja modal. 

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Bank BNI Siap Geber Bisnis Modal Ventura

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: