Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

B40 Berbasis Sawit Akan Segera Road Test, Berikut Informasinya

B40 Berbasis Sawit Akan Segera Road Test, Berikut Informasinya Kredit Foto: ANJ
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Indonesia berencana akan melakukan road test B40 pada awal Februari 2022 ini. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan bahwa pengujian laboratorium untuk penggunaan B40 sudah dilakukan pada tahun 2020 dan 2021 lalu.

Dari hasil pengujian tersebut, jelas Dadan, pihaknya sudah mengantongi informasi spesifikasi yang diperlukan untuk pemanfaatan B40.

Baca Juga: Perkebunan Sawit Berikan Kesempatan Kerja di Kawasan Pedesaan

"Untuk implementasi kita tunggu hasil dari road test ini. Kami siapkan juga rekomendasi terkait dengan sisi produksi karena hasil utama dari pemanfaatan dari B40 ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas, baik peningkatan kualitas dari biodiesel-nya, dan juga peningkatan kualitas dari minyak solarnya," kata Dadan di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Perlu diketahui, sepanjang tahun 2021, realisasi pemanfaatan B30 mencapai 9,3 juta kiloliter. Sementara itu, penghematan devisa dari pemanfaatan B30 tersebut mencapai Rp66,54 triliun.

"Tentunya ini banyak manfaat yang lain, baik dari sisi bahwa ini meningkatkan porsi EBT, ini meningkatkan pemanfaatan sawit di dalam negeri, memperbaiki tingkat harga untuk petani, dan juga secara langsung ini mengurangi emisi gas rumah kaca," ungkap Dadan.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan