Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capai 'Financial Freedom', PINA Aplikasi untuk Atur Segala Kebutuhan Keuangan

Capai 'Financial Freedom', PINA Aplikasi untuk Atur Segala Kebutuhan Keuangan Kredit Foto: Unsplash/nullplus
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mencapai kebebasan finansial (financial freedom) menjadi tujuan mayoritas orang di dunia dan bebas melakukan apapun dan kapanpun pasti menjadi mimpi setiap orang. Dalam mencapai financial freedom banyak aspek yang harus dilakukan, tidak hanya menabung dan melakukan investasi saja, budgeting dan tracking pengeluaran, dan pemasukan menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan agar semakin dekat dengan financial freedom.

Daniel van Leeuwen sebagai Founder dari PINA mengatakan begitu banyaknya tujuan dan aspek keuangan yang perlu diperhatikan, terkadang menjadi sulit untuk melihat keadaan keuangan secara menyeluruh. Terutama dalam mengevaluasi sudah seberapa jauh dari target finansial yang ingin dicapai. Menurutnya tiidak sedikit juga orang masih bingung dengan cara terbaik dalam mengembangkan uangnya atau enggan berinvestasi karena bingung dengan begitu banyak pilihan di luar sana. 

Baca Juga: KSPM FEB UI Helat National Investor Summit, Usung Tema Kunci Sukses Investasi dan Financial Planning

"Pilihan dan informasi yang ada belum tentu dapat menjawab atau malah mungkin tidak relevan dengan financial goals yang ingin dicapai oleh masing-masing individu. Tak dapat dipungkiri, hal-hal seperti ini dapat membuat perjalanan dalam mencapai tujuan finansial kita akan semakin lama dan sulit," ungkapnya, Selasa (18/01).

Untuk itu Daniel menyampaikan, Trust Sekuritas meluncurkan aplikasi teknologi finansial, PINA yang hadir untuk memberikan solusi lebih efektif,  efisien, praktis, dan lebih personal untuk membantu semua orang mencapai tujuan finansialnya. Hanya dengan satu aplikasi, PINA menawarkan berbagai macam fitur teknologi untuk mempermudah pengelolaan keuangan. 

Sebagoi contoh sistem budgeting yang otomatis akan membantu melihat pertumbuhan Net Worth investor beserta pengeluaran, tools untuk membantu berinvestasi dengan autopilot melalui pre-build portofolio yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan finansial investor, informasi yang terintegrasi dengan berbagai macam aspek keuangan investor (tabungan, deposito, BPJS, kartu kredit, dll) untuk mendapatkan gambaran menyeluruh (360 degree view) tentang keadaan keuangan. 

"Melalui PINA, setiap individu tidak perlu lagi memiliki banyak aplikasi untuk mengatur keuangannya. Pengguna diharapkan akan merasa seperti memiliki personal assistant/one stop information and investment tools, yang siap memberikan saran atau informasi dan bantuan kapanpun, di manapun, hanya dalam genggaman tangan. Terlepas dari fitur teknologi dan segala kemudahan yang diberikan, dalam penggunaannya, keputusan dan otorisasi akhir masih berada pada investor," jelasnya lebih jauh lagi.

Menurut Daniel, PINA dapat menjadi solusi dalam segala aspek keuangan investor. Tidak perlu khawatir dana ataupun investasi hilang karena dana pengguna berada di Rekening Dana Nasabah (RDN) milik sendiri dan investasi pengguna disimpan di KSEI (Kustodian Sentral Efek indonesia) melalui Trust Sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Untuk diketahui, sejak 1981 Trust Sekuritas juga mendapat kepercayaan untuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan aset manajemen seperti Sinarmas Asset Management, BNI Asset Management, Sucorinvest Asset Management serta Bank BNI (PT Bank Negara Indonesia Tbk) di mana Rekening Dana Nasabah (RDN disimpan).

Sebagai penutup Daniel menjelaskan, target pasar yang dibidik oleh PINA adalah young family, young profesional dan middle worker. Mereka, kata Daniel merupakan pasar yang tepat karena di usia yang masih sangat muda perlu mulai memahami pentingnya mengatur alur pemasukan dan pengeluaran, bagaimana cara membuat uang bekerja dan memahami resiko dalam melakukan investasi guna memaksimalkan tabungan untuk masa depan dan untuk persiapan rencana pensiun agar tetap berdaya.

 

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan