Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arteria Dahlan Singgung Perasaan Warga Sunda, Ridwan Kamil Ngegas: Secepatnya Harus Minta Maaf!

Arteria Dahlan Singgung Perasaan Warga Sunda, Ridwan Kamil Ngegas: Secepatnya Harus Minta Maaf! Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Denpasar -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) sangat menyesalkan pernyataan Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan yang dinilai menyinggung perasaan masyarakat Sunda. 

Emil mengungkapkan jika tidak nyaman dengan bahasa daerah tersebut tinggal disampaikan dengan baik. Tapi, jika bentuknya sebuah permintaan pemberhentian jabatan, hal tersebut dinilai terlalu berlebihan. 

Baca Juga: Sultan Bangka Beli NFT Ridwan Kamil Seharga Rp45,9 Juta: Semoga To The Moon..

"Tidak ada dasar hukum yang jelas ya," tegas Emil kepada wartawan di Hotel Aryaduta, Kota Denpasar, Selasa malam (18/1/2022).

Buntut dari anggota Dewan dari fraksi PDIP tersebut merupakan pernyataan yang dapat menyinggung banyak pihak khususnya warga Sunda yang berada di Nusantara. 

Untuk itu, Emil mengimbau agar Arteria Dahlan secepatnya meminta maaf kepada masyarakat Sunda di Nusantara. Pasalnya, orang Sunda terkenal dengan karakteristik pemaafnya. 

"Kalau tidak dilakukan maka akan bereskalasi karena sebenarnya orang Sunda itu pemaaf. Jadi, saya berharap itu dilakukan," tegasnya.

Bahkan Emil mengaku sudah melihat berbagai forum bahwa tidak ada di dalam sebuah rapat yang sifatnya formal  sepenuhnya menggunakan bahasa Sunda.

"Hanya ada ucapan selamat pembuka pidato atau penutup atau ditengah-tengah pidato ada celetukan yang saya kira wajar-wajar saja," ungkapnya.

Untuk itu, Gubernur Jawa Barat meminta Arteria Dahlan mencari bukti kesalahan tersebut sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga Sunda.

"Makanya, tidak perlu disampaikan persespsinya seperti itu!," tegasnya.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan