Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh Nyesel Banget Nggak Suka Makan Tauge, Ini Beberapa Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Tauge!

Duh Nyesel Banget Nggak Suka Makan Tauge, Ini Beberapa Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Tauge! Kredit Foto: Unsplash/Milada Vigerova
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dibanding bahan makanan lainnya, tauge memang bukanlah pilihan utama sebagian orang dalam hal makanan yang akan disajikan.

Dalam konteks makanan di Indonesia, umumnya sebagian besar penyajian tauge hanyalahsebagai bahan tambahan dalam suatu sajian, sebut saja bakso, soto, dll.

Tidak bisa dinafikan selayaknya bahan makanan lainnya, tauge pun tentu ada beberapa orang atau mungkin Anda yang tidak memilih untuk mengonsumsinya karena berbagai macam alasan.

Tapi mungkin setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam tauge, Anda bisa mengganti selera terhadap bahan makanan ini.

Melansir laman kesehatan Web MD, Tauge sehat dalam banyak hal, mulai dari konsentrasi tinggi vitamin C hingga protein dan serat yang membantu memberikan rasa renyah yang khas. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan tauge ke dalam makanan Anda.

Mengontrol Darah Tinggi

Tauge dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, berkat blok pembangun protein yang disebut peptida. Peptida diproduksi dalam konsentrasi tinggi saat benih berkecambah. Mereka telah terbukti mengurangi tekanan darah dalam beberapa penelitian.

Pencegahan Kanker

Baca Juga: Yah Rugi Banget yang Nggak Suka Petai, Ini Beberapa Manfaat Kesehatan yang Ada di dalam Petai

Protein dan peptida dalam tauge juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, termasuk yang terkait dengan kanker payudara, leukemia, dan kanker sistem pencernaan.

Kesehatan Pencernaan

Tauge adalah sumber serat makanan yang tidak larut, yang membantu pencernaan. Ini bergerak cepat melalui sistem pencernaan, mengambil dan membawa produk limbah bersamanya. Serat membantu "membersihkan" usus besar. Ia bekerja hampir seperti sikat scrub internal. Memiliki cukup serat tidak larut dalam makanan Anda penting untuk mencegah sembelit.

Kesehatan Mata

Karena tauge memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, mereka dapat membantu melindungi Anda dari mengembangkan kondisi mata yang umum, termasuk degenerasi makula terkait usia (AMD).

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan