Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diungkap Kepala BNPT! Ternyata Penangkapan Munarman Itu Terkait...

Diungkap Kepala BNPT! Ternyata Penangkapan Munarman Itu Terkait... Kredit Foto: Antara/Antara
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Polisi Boy Rafli Amar memberi penjelasan terkait penangkapan Munarman, mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI). Jelas Boy, penangkapan Munarman murni karena dugaan keterlibatannya dengan organisasi ISIS. Bukan persoalan dia elit FPI.

"Kalau kaitan dengan Munarman kami lihat dalam kapasitas Munarman sebagai pribadi, bukan sebagai anggota organisasi," kata Boy saat rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 25 Januari 2022.

Baca Juga: Habib Rizieq Dikaitkan dengan Baiat ISIS di Makasar, Pengacara Munarman Langsung Mengaku...

Sebagai pengurus FPI, lanjut Boy, Munarman kerap kali terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya baiat terhadap organisasi terorisme. Munarman mendukung kegiatan-kegiatan yang dianggap terkait organisasi teroris. 

"Keterlibatan dalam organisasi adalah tidak lepas dari keberadaan Munarman dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan bersama dengan katakanlah tokoh-tokoh organisasi FPI di daerah yang campur aduk dengan lainnya, untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya 'baiat' untuk mendukung kegiatan-kegiatan organisasi yang dikategorikan sebagai organisasi teroris," lanjutnya. 

Atas tindakan itu, terbentuklah benang merah tindakan dukungan terhadap terorisme yang dilakukan Munarman. 

Meski begitu, BNPB masih berpegang terhadap praduga tidak bersalah, lantaran saat ini penyidikan dan persidangan berkaitan dengan kejahatan terorisme terhadap Munarman masih berlangsung.

"Jadi di situ ada benang merah yang dianggap memberikan support dukungan, ini proses penyidikan masih berjalan, tentu kita kedepankan asas praduga tidak bersalah dan kita lihat di pengadilan apa dan sejauh mana keterlibatan Munarman dalam aksi kejahatan terorisme," jelas Boy.

Sebelumnya, Desmond J Mahesa sempat bertanya kepada BNPT soal Munarman yang kini jadi terdakwa kasus terorisme. Desmond bertanya perihal alasan sehingga mantan Sekretaris Umum FPI itu terjerat kasus terorisme.

Baca Juga: Fakta Baru Disidang Munarman! Ternyata Baiat ISIS di Makassar Ada Kaitannya dengan Habib Rizieq

"Ada catatan yang luar biasa sekali. Teman saya di LBH sekian tahun, saya kenal, dia meyakinkan saya jalan perjuangannya lewat FPI. Saya kaget dituduh teroris, Munarman," ujar Desmond. 

Desmond menilaiz alasan Munarman dijerat kasus terorisme belum jelas. Dia pun mempertanyakan apakah karena FPI ditetapkan organisasi terlarang lalu Munarman diduga terorisme. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan