Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Stakeholder?

Apa Itu Stakeholder? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Stakeholder adalah pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis. Setiap stakeholder memiliki kepentingannya masing-masing dalam suatu perusahaan. Untuk itu, pihak manajemen perusahaan harus bisa mendapatkan cara terbaik untuk bisa menyinergikan tujuan bisnis dengan kepentingan stakeholder tersebut.

Ada istilah stakeholder internal dan stakeholder eksternal. Stakeholder internal adalah investor, karyawan, pelanggan, dan pemilik perusahaan. Sementara itu, stakeholder eksternal adalah masyarakat, pemerintah, asosiasi perdagangan, kreditur, dan kelompok publik semuanya dianggap sebagai pemangku kepentingan eksternal.

Baca Juga: Apa Itu Uang Panas?

Investor adalah pemangku kepentingan internal yang secara signifikan dipengaruhi oleh kekhawatiran terkait dan kinerjanya. Sebaliknya, pemangku kepentingan eksternal biasanya adalah orang atau organisasi yang dipengaruhi oleh operasi bisnis. 

Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan melampaui batas emisi karbon yang diizinkan, misalnya, kota tempat perusahaan itu berada dianggap sebagai pemangku kepentingan eksternal karena terpengaruh oleh peningkatan polusi.

Pemangku kepentingan eksternal terkadang juga memiliki efek langsung pada perusahaan tanpa hubungan yang jelas dengannya. Pemerintah, misalnya, adalah pemangku kepentingan eksternal. Ketika pemerintah memulai perubahan kebijakan tentang emisi karbon, keputusan tersebut memengaruhi operasi bisnis entitas mana pun dengan peningkatan kadar karbon.

Masalah umum yang muncul bagi perusahaan dengan banyak pemangku kepentingan adalah bahwa berbagai kepentingan pemangku kepentingan mungkin tidak selaras. Bahkan, kepentingan bisa saja berbenturan langsung.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan