Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Brand?

Apa Itu Brand? Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Brand adalah merek mengacu pada konsep bisnis dan pemasaran yang membantu orang mengidentifikasi perusahaan, produk, atau individu tertentu. Brand membantu membentuk persepsi orang tentang perusahaan, produk mereka, atau individu. Brand biasanya menggunakan penanda pengenal untuk membantu menciptakan identitas merek di pasar.

Brand memberikan nilai yang sangat besar bagi perusahaan atau individu, memberi mereka keunggulan kompetitif atas orang lain di industri yang sama. Dengan demikian, banyak entitas mencari perlindungan hukum untuk merek mereka dengan memperoleh merek dagang.

Baca Juga: Apa Itu Shareholder?

Brand adalah aset tidak berwujud yang membantu orang mengidentifikasi perusahaan tertentu dan produknya. Logo, slogan atau tanda pengenal lainnya merupakan cara untuk mempromosikan brand atau merek.

Ketika digunakan bersama-sama, alat-alat ini menciptakan identitas merek. Pemasaran yang sukses dapat membantu menjaga merek perusahaan tetap di depan dan di tengah pikiran orang. Ini bisa menjadi perbedaan antara seseorang yang memilih merek Anda daripada merek pesaing.

Sebuah merek dianggap sebagai salah satu aset yang paling berharga dan penting bagi sebuah perusahaan. Bahkan, banyak perusahaan yang sering disebut dengan mereknya, yang artinya merek seringkali tidak dapat dipisahkan menjadi wajah atau citra perusahaan.

Inilah mengapa penting bagi perusahaan untuk melindungi merek mereka dari sudut pandang hukum. Merek dagang mengidentifikasi kepemilikan eksklusif atas merek dan/atau produk, bersama dengan alat pemasaran terkait. Mendaftarkan merek dagang mencegah orang lain menggunakan produk atau layanan Anda tanpa mendapatkan izin Anda.

Macam Jenis Brand/Merek

Merek Korporat

Merek Korporat adalah cara bagi perusahaan untuk memasarkan diri mereka sendiri untuk memberikan keunggulan terhadap persaingan mereka. Mereka membuat serangkaian keputusan penting untuk mencapai hal ini, seperti penetapan harga, misi, target pasar, dan nilai.

Personal Brands

Branding tidak hanya untuk perusahaan lagi. Saat ini, banyak orang menggunakan alat seperti media sosial untuk membangun persona mereka sendiri, sehingga meningkatkan merek mereka. Ini termasuk posting media sosial biasa, berbagi gambar dan video, dan melakukan pertemuan dan sapa.

Merek Produk

Jenis merek yang juga dikenal sebagai merek barang dagangan ini melibatkan pemasaran satu produk tertentu. Branding suatu produk membutuhkan riset pasar dan memilih target pasar yang tepat.

Merek Layanan/Jasa

Jenis merek ini berlaku untuk layanan yang seringkali membutuhkan kreativitas, karena Anda tidak dapat benar-benar menunjukkan layanan secara fisik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: