Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Teknologi Canggih Alibaba, Cloud ME Dekatkan Penonton di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Teknologi Canggih Alibaba, Cloud ME Dekatkan Penonton di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Kredit Foto: Alibaba
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan misi untuk mendekatkan penonton di ajang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, terlepas dari pembatasan COVID-19 dan jarak geografis antarnegara, Alibaba memperkenalkan teknologi berbasis cloud inovatif miliknya bernama “Cloud ME” yang mendukung solusi real-time communication (RTC).

Melansir dari Siaran resminya, Selasa (08/02) “Cloud ME” memfasilitasi interaksi sosial bagi orang-orang yang ingin merasakan pengalaman langsung yang bonafid selama Olimpiade Musim Dingin, memungkinkan mereka untuk bertemu dan menikmati percakapan secara langsung satu sama lain melalui proyeksi interaksi langsung yang nyata. 

Baca Juga: 2022, Alibaba Cloud Fokus pada Pengembangkan Talenta dan Program Kemitraan Lokal di Indonesia

Saat melangkahkan kaki di studio pop-up pada booth “Cloud ME”, gambaran  seluruh tubuh partisipan akan diproyeksikan secara nyata  ke salah satu remote booth, dimana persona tubuh partisipan akan ditampilkan kembali untuk bertemu dan menyapa proyeksi partisipan lainnya. Pertemuan secara “nyata” ini terbuka untuk berbagai partisipan dari banyak lokasi  berkat pemasangan fungsi proyeksi jarak jauh yang mudah. 

“Alibaba berkomitmen untuk mendigitalisasi  Olimpiade dengan menghadirkan infrastruktur teknologi yang dapat memberikan pengalaman lebih inklusif dan saling terhubung,” tegas  Chairman and CEO of Alibaba Group, Daniel Zhang.

“Kami berharap dapat menyatukan atlet dan penggemar di seluruh dunia melalui teknologi cloud yang kami miliki, dan menyebarkan semangat Olimpiade untuk menginspirasi kita semua selagi merayakan pesta olahraga ini.” 

President of the International Olympic Committee (IOC), Thomas Bech mengungkapkan, bersama dengan Alibaba, IOC mencetak sejarah di Beijing. Untuk pertama kalinya, seluruh sistem utama yang diperlukan untuk menayangkan pertandingan Olimpiade Musim Dingin ini dilakukan di Alibaba Cloud.

"Baik itu mendukung toko online Olimpiade di Tiongkok, OBS Cloud, atau teknologi untuk medukung berbagai media dari seluruh dunia di Beijing, Teknologi Alibaba Cloud menetapkan standar baru serta meningkatkan standar yang ada ke level yang lebih tinggi,” kata Thomas.

Disebutkan bahwa Booth “Cloud ME” sangat mudah untuk disiapkan.  Selain dari perlengkapan studio pada umumnya – seperti kamera video dan perangkat komputer untuk merekam footage gambar, persiapan “Cloud ME”  tidak memerlukan infrastruktur TI tambahan ataupun bandwidth jaringan internet yang dioptimasi khusus untuk melakukan perekaman dan transmisi data proyeksi. 

Video dan audio yang dihasilkan di booth “Cloud ME” akan ditransmisikan ke sistem Alibaba Cloud, dan didukung dengan latensi rendah, serta fitur ketersediaan tinggi dan konkurensi tinggi dari Alibaba Cloud, proses ini dapat selesai dalam waktu 200 milidetik.

Baca Juga: LGBT Disebut Punya Hak Dilindungi Negara, Nicho Silalahi: Giliran Ada Korban KM 50, Kanjuruhan, Gak Kedengeran!

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: