Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimisme Konsumen Masih Terjaga di Tengah Tekanan Omicron

Optimisme Konsumen Masih Terjaga di Tengah Tekanan Omicron Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konsumen diperkirakan masih optimis melihat kondisi perekonomian di sepanjang tahun ini meskipun varian omicron merebak di awal tahun ini.

Berdasarkan hasil riset Inventure-Alvara sebanyak 26,2% responden meyakini varian omicron lebih tidak menular dan lebih tidak mematikan. Alhasil dengan adanya temuan ini maka responden merasa lebih siap hidup berdampingan dengan pandemi.

“Publik tidak mengalami kekhawatiran yang berlebihan, karena sudah berpengalaman menghadapi varian Delta, “Kata Founding Chairman Indonesia Industry Outlook (IIO) Yuswohady di Jakarta beberapa waktu lalu.

Optimisme ini kata dia semakin didukung dengan suksesnya program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah membuat risiko kematian akibat Covid-19 makin rendah dan herd immunity semakin cepat terbentuk.

"Dengan konsumen yang kian optimis terhadap bakal berakhirnya pandemi, maka ini merupakan modal berarti bagi ekonomi Indonesia untuk mulai rebound di tahun 2022 ini," tambahnya.

Ia menilai tahun ini konsumen Indonesia sudah siap untuk beraktivitas kembali seperti sebelum pandemi dan mulai berani melakukan spending termasuk untuk durable goods dan barang bernilai besar.

Sementara dari hasil digital monitoring Inventure-Ivosights menunjukkan sentiment negative terkait COVID-19 menurun dari 18% menjadi 16%.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan