Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Digitalisasi Proses Pengaturan SDM, Chandra Asri Gandeng Darwinbox

Digitalisasi Proses Pengaturan SDM, Chandra Asri Gandeng Darwinbox Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bekerja sama dengan Darwinbox, perusahaan penyedia teknologi pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendigitalkan seluruh proses pengaturan SDM secara menyeluruh.

Bagi perusahaan petrokimia di Indonesia ini, memiliki operasional SDM yang efisien, meningkatkan produktivitas, serta pengalaman kerja karyawan dengan jumlah lebih dari 2.000 orang adalah langkah penting untuk mencapai visi menjadi perusahaan petrokimia terdepan di Indonesia.

Baca Juga: Chandra Asri Dukung Pengelolaan Sampah Menggunakan Konsep Ekonomi Sirkular

Melansir dari siaran resminya, Rabu (23/03) sesuai dengan visi keduanya dan untuk menyambut Society 5.0, Chandra Asri telah mengembangkan rencana transformasi digital sepanjang lima tahun untuk menciptakan ekosistem digital serta Darwinbox memiliki tujuan yang sejalan dengan Chandra Asri untuk mendigitalisasi proses kerja SDM mereka.

"Karena tujuan kami futuristis, kami juga harus menggandeng mitra yang juga berfokus ke masa depan," ujar Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri.

"Pada perusahaan yang berbasis teknologi modern, sederhana, cepat, dan terhubung adalah kunci untuk mencapai keunggulan operasional, pertumbuhan bisnis, dan efisiensi biaya sembari meningkatkan kualitas pengalaman pengguna (UX). Kami senang bekerja sama dengan Darwinbox sebagai pendukung visi futuristis kami. Darwinbox terpilih setelah proses pertimbangan yang cermat dan komprehensif, mereka telah berhasil menerapkan transformasi yang lancar pada tahun 2022," tambahnya.

Sementara itu, Suryandi, Human Resources and Corporate Affairs Director Chandra Asri mengatakan, Tim SDM Chandra Asri akan menggunakan Darwinbox sebagai sebuah 'aplikasi super' karena sistem manajemen SDM yang dapat berintegrasi secara lancar dengan perangkat teknologi perusahaannya sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para karyawan.

"Teknologi Darwinbox juga memungkinkan karyawan Chandra Asri untuk tetap terhubung di mana saja dan kapan saja sehingga mereka dapat mengakses semua proses terkait SDM menggunakan satu aplikasi," ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, nantinya semua proses kerja SDM akan dikelola menggunakan Darwinbox dari proses rekrutmen hingga pengunduran diri. Karyawan Chandra Asri dapat mengakses dan mengelola data pribadi mereka, melonggarkan beban kerja administrator SDM. Karyawan Chandra Asri juga akan memiliki visibilitas yang lebih luas untuk melacak data mereka sendiri, termasuk pengajuan absen, cuti, dan pengembalian biaya kerja yang dapat disetujui oleh manajer kapan saja.

Selain itu, HR Helpdesk juga menyediakan dukungan kepada setiap karyawan Chandra Asri yang memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, sementara modul seperti Onboarding, Recognition, dan jejaring sosial 'Vibe' akan memperkuat hubungan antara karyawan. Secara keseluruhan, platform SDM terintegrasi tersebut akan memungkinkan kolaborasi yang baik, mendorong produktivitas karyawan tinggi, serta pengalaman bekerja yang baik bagi karyawan dan calon pekerja.

"Untuk menjaga produktivitas dan kepuasan karyawan, kami tidak ingin membebani mereka dengan tugas dan dokumen terkait SDM yang membosankan. Kami senang melihat kesuksesan Chandra Asri dalam memanfaatkan platform kami untuk meningkatkan kinerja mereka," kata Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox.

Jayant melanjutkan, "Kami senang dapat bermitra dengan perusahaan yang merupakan fondasi industri petrokimia di Indonesia, sebuah perusahaan yang memandang masa depan proses kerja dan juga memainkan peran utama dalam mewujudkan hal tersebut."

Baca Juga: Jamin Keamanan Data Nasabah, Berikut Deretan Fitur Keamanan AXA Mandiri

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: