Perbankan terus berlomba-lomba untuk memberikan layanan yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen, baik nasabah, UMKM, maupun korporasi. Hal ini juga berlaku pada PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia). Perusahaan yang telah berdiri sejak 1989 ini berkomitmen untuk menyediakan layanan perbankan yang komprehensif bagi tiap target jangkauannya.
Dalam upaya mewujudkan komitmen tersebut, DBS Indonesia mengusung konsep PRIDE sebagai pendekatan nilai dan budaya kerja perusahaan. Dengan nilai ini, perusahaan berhasil mengantongi sejumlah penghargaan, seperti 2nd Rank World’s Best Bank 2020 oleh Global Finance, Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millenial’s Choice) 2020 oleh Iconomics, dan sejumlah penghargaan lainnya, termasuk Indonesia Public Relations Awards (IPRA) 2020 oleh Warta Ekonomi.
Capaian ini juga tak terlepas dari kemampuan pemimpin perusahaan dalam menyetir performa perusahaan. Sejak 2015 lalu, Bank DBS Indonesia dipimpin oleh Paulus Sutisna yang memiliki pengalaman sebagai bankir profesional selama lebih dari 30 tahun. Hal ini membuatnya memahami dan menguasai berbagai fungsi dalam industri perbankan, baik untuk lini depan maupun tengah.
Baca Juga: Garap Sektor Kesehatan, Bahana TCW dan DBS Treasures Hadirkan Reksa Dana Teranyar
Paulus Sutisna pernah bekerja selama 24 tahun di Citibank dan menyelami sejumlah posisi, seperti Managing Director dan Head of the Multinational Franchise di Indonesia. Kemudian, ia bergabung dengan HSBC Indonesia sebagai Head of Client Management of Global Banking. Setelah itu, Paulus Sutisna bergabung dengan DBS Indonesia pada 2015 dan diangkat menjadi Presiden Direktur pada tahun yang sama.
Tak ayal, Paulus Sutisna juga menerima sejumlah penghargaan, seperti SWA Magazine Best CEO Award dan Infobank Magazine’ Indonesia’s Top 100 Bankers Award pada 2017.
Untuk mendengar lebih jauh tentang Paulus Sutisna sebagai Presiden Direktur Bank DBS Indonesia serta tentang perusahaan sendiri, tim redaksi Warta Ekonomi berkesempatan untuk mewawancarainya. Berikut kutipan wawancara Warta Ekonomi dengan Paulus Sutisna.
Sebagai seorang pemimpin perusahaan, apa nilai-nilai yang Anda terapkan untuk perusahaan?
Sebagai bank yang memiliki tujuan positif atau purpose driven, DBS memiliki nilai-nilai dasar perusahaan yang sekaligus mencerminkan nilai dan budaya kerja yang kami sebut PRIDE. PRIDE merupakan kepanjangan dari Purpose-driven, Relationship led, Innovative, Decisive, Everything fun!
Purpose-driven merupakan nilai di mana kami berkomitmen menjadi mitra jangka panjang, berkomitmen untuk menetapkan layanan perbankan yang menyenangkan dan terpercaya. Relationship led adalah bagaimana kita menjalin relasi antara sesama karyawan dan bekerja sama sebagai tim untuk mencapai hasil yang lebih besar.
Innovative, kami selalu menantang karyawan untuk selalu berinovasi sebagai bagian dari pemikiran growth mindset. Decisive yaitu memberdayakan semangat kepada anggota tim untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas tindakan yang diambil.
Terakhir, Everything fun! Tentunya kami juga mendorong dan menghargai satu sama lain, selain urusan pekerjaan tentunya kami ingin karyawan menyisihkan waktu untuk sosialisasi dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.
Terlepas dari nilai-nilai diatas, kami juga sangat menghargai inklusivitas di mana setiap orang diperlakukan secara setara tanpa memandang latar belakang mereka. Selain itu, kami juga harus mampu beradaptasi dengan cepat dan merespons terhadap situasi baru, tantangan baru serta perubahan yang terjadi.
Digitalisasi menjadi transformasi yang berperan penting bagi perusahaan. Apa saja yang menjadi fokus Anda dalam mengembangkan inovasi digital DBS Indonesia?
Di DBS, kami memiliki prinsip yaitu Live More, Bank Less di mana hal ini yang mendorong kami untuk memberikan layanan perbankan yang mudah, nyaman dan aman bagi nasabah sehingga mereka dapat mengakses layanan tersebut dimana saja, kapan saja.
Transformasi digitalisasi pada Bank DBS secara konsisten terus berevolusi dan kekuatan kapasitas digital Bank DBS, kami sebut This is Digibank by DBS (TIDD) di mana kami menyediakan rangkaian produk dan layanan lengkap bagi nasabah kami baik segmen korporasi, UMKM maupun consumer banking.
Untuk segmen korporasi dan UMKM, kami memiliki layanan perbankan seperti DBS RAPID, DBS IDEAL, DBS MAX QRIS yang memudahkan nasabah untuk melakukan kegiatan bisnis dan transaksi perbankan secara real time.
Untuk segmen consumer banking, kami memiliki aplikasi digibank by DBS yang dirancang untuk memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi mulai dari transfer tujuh mata uang, melakukan transaksi investasi, hingga kartu kredit digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: