Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Profil Gus Muwafiq, Ulama Gondrong Eks Asisten Gus Dur yang Bilang Aksi Pawang Hujan Bukan Syirik

Profil Gus Muwafiq, Ulama Gondrong Eks Asisten Gus Dur yang Bilang Aksi Pawang Hujan Bukan Syirik Kredit Foto: Suara.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nama Gus Muwafiq menjadi perbincangan warganet usai mengatakan bahwa aksi pawang hujan untuk gelaran MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu bukanlah perbuatan syirik. Padahal banyak orang yang mengatakan bahwa aksi pawang hujan Rara tersebut adalah sebuah kemusyrikan. Siapa Gus Muwafiq? Simak profil Gus Muwafiq berikut.

Berbeda dari yang lain, Gus Muwafiq menegaskan aksi Rara si pawang hujan MotoGP Mandalika bukan perbuatan syirik, melainkan sebuah usaha. Lantas siapa sebenarnya Gus Muwafiq ini? Simak profil Gus Muwafiq berikut ini.

Profil Gus Muwafiq

KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab dipanggil Gus Muwafiq merupakan salah satu ulama Nahdlatul Ulama (NU). Ia lahir di Lamongan, 2 Maret 1974 silam. Gus Muwafiq adalah pengasuh salah satu pondok pesantren di daerah Sleman, Yogyakarta. 

Gus Muwafiq dikenal dengan ciri khasnya yang bersuara lantang, berambut gondrong, sering mengenakan kaos oblong dan bawahan sarung.

Baca Juga: Hah? Akademisi Bisa Dapat Saingan Baru! Pawang Hujan MotoGP Mandalika Punya Teori Baru Namanya...

Dalam sebuah wawancara, Gus Muwafiq menceritakan alasannya tidak mencukur pendek rambutnya. Ia mengatakan bahwa kalau rambutnya dicukur pendek, ia sering jatuh sakit.

Gus Muwafiq pernah menjabat sebagai asisten pribadi Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pada saat itulah ia mengaku banyak belajar mengenai agama, kebudayaan dan teori sosial.

Gus Muwafiq memulai pendidikan dasar dengan bersekolah di kampung halamannya di Lamongan. Setelah tamat sekolah dasar, ia melanjutkan sekolah menengah di Pesantren Bungah Gresik. Gus Muwafiq juga melanjutkan ke tingkat Aliyah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. 

Pada tahun 1992, Gus Muwafiq sempat melanjutkan ke Pesantren Tebuireng Jombang, Pondok Pesantren Paiton Probolinggo dan Pesantren Lirboyo Kediri.

Gus Muwafiq pernah mengenyam pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 1994. Ia kemudian bergabung aktif ke dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Baca Juga: Sekda Adi Arnawa Buka Bulan Bahasa Bali Kabupaten Badung

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: