Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diperkirakan Ekonomi Global Akan Melesu, Pemerintah Genjot Ekonomi Nasional Lewat UMKM

Diperkirakan Ekonomi Global Akan Melesu, Pemerintah Genjot Ekonomi Nasional Lewat UMKM Kredit Foto: Kemenkop UKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah mengklaim dimasa mendatang diperkirakan ekonomi global akan melesu di kemudian hari. Untuk itu diperlukan memajukan produk-produk dalam negeri dari UMKM dan koperasi di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan, saat ini belanja produk dalam negeri atau belanja produk UMKM menjadi sangat penting. Sehingga diperkirakan baik itu investasi dan pertumbuhan ekonomi akan terganggu.

"Kenapa sekarang belanja produk dalam negeri atau belanja produk UMKM menjaid sangat penting. Karena ekonomi global diperkirakan akan melesu. sehingga, baik investasi dan pertumbuhan ekonomi akan terganggu," Kata Menteri Teten saat dihubungi Warta Ekonomi, Minggu (27/3/2022).

Teten menegaskan, dengan membeli produk UMKM ekonomi nasional Indonesia akan tergantung pada perekonomian dalam negeri dan tidak lagi mengandalkan global. 

Baca Juga: Sistem Tender Rumit, MenkopUKM Tegaskan Sistem e-Katalog Produk UMKM Lebih Baik

"Ada konteks global dimana ekonomi tergantung kepada domestik dan karena itu belanja pemerintah untuk kita genjot membeli produk UMKM," ujarnya.

Untuk itu, selain masyarakat, pemerintah juga meminta kepada pemerintah pusat, pemda, lembaga dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri dalam belanja pemeritah.

"Aturan ini sudah ada dalam UU Cipta Kerja yang mewajibkan kepada pemerintah pusat, lembaga, pemda, dan BUMN dalam menganggarkan 40% untuk belanja produk dalam negeri UMKM dalam belanja pemeritahannya," jelas MenkopUKM Teten.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan