Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Raih Rekor MURI Berkat WiFi Gratis! Stasiun Bogor Diklaim Setara Dengan Stasiun Kelas Dunia

Raih Rekor MURI Berkat WiFi Gratis! Stasiun Bogor Diklaim Setara Dengan Stasiun Kelas Dunia Kredit Foto: Antara/Moch Asim
Warta Ekonomi, Bogor -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, operator Kereta Api di Indonesia, Pemerintah Kota Bogor dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk atau Surge berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI) lewat layanan internet WiFi gratis yang dihadirkan di Stasiun Bogor.

Melansir dari siaran resminya, Jumat (1/4/2022) memiliki kapasitas sebesar 2000 Mbps, kecepatan internet di Stasiun Bogor digadang-gadang setara dengan stasiun kelas dunia lainnya.

Sebelumnya, internet WiFi gratis di Stasiun Bogor telah hadir sejak tahun 2018 dengan kecepatan 100 Mbps. Melalui layanan Free WiFi AdaKita, internet WiFi gratis yang disediakan meningkat kecepatannya hingga dua puluh (20) kali lipat, seiring dengan beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa.

Baca Juga: Surge Tambah Kecepatan Internet Bagi Pengguna Kereta Api

AdaKita sendiri adalah aplikasi mobile multifungsi dari Surge yang salah satu kegunaannya dapat digunakan masyarakat untuk mengakses layanan internet WiFi gratis yang disediakan di berbagai ruang publik, termasuk di stasiun Commuter Line Jabodetabek. 

"Bersama PT KAI, kami turut bangga bahwa inovasi layanan Free WiFi AdaKita mendapatkan apresiasi dan antusiasme yang tinggi hingga mampu meraih rekor MURI. Layanan internet WiFi gratis bersama PT KAI ini merupakan bagian dari misi Surge untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat konektivitas digital yang berkualitas," kata Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca.

Seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi, terjadi peningkatan pengguna harian layanan KRL. Data dari PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), yang merupakan anak usaha PT KAI, mencatat pengguna harian layanan KRL Commuterline Jabodetabek mencapai hampir 140.000 orang pada awal bulan Maret 2022, dengan Stasiun Bogor menjadi stasiun yang memiliki aktivitas terpadat dengan pengguna lebih dari 11 ribu orang. 

Baca Juga: KAI Mulai Buka Pemesanan Tiket KA Lebaran

"PT KAI turut menyambut dengan bangga penghargaan yang diberikan MURI kepada Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta di Indonesia yang menyediakan layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan kelas dunia. Kerjasama yang telah terjalin dengan Surge merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan swasta sesuai keahlian masing-masing untuk mendukung misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan internet secara merata di Indonesia," kata Plt. Vice President Non Transport Commercialization PT Kereta Api Indonesia (Persero), Krisna Arianto.

Rekor MURI sendiri diserahkan secara langsung oleh Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri dalam acara peresmian rekor MURI bagi Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta api di Indonesia yang memiliki internet WiFi gratis tercepat. 

"Kami ucapkan selamat atas pencapaian PT KAI sebagai penerima utama dan Pemerintah Kota Bogor beserta Surge sebagai institusi pendukung yang berhasil memecahkan rekor dalam berinovasi melayani masyarakat melalui layanan internet WiFi gratis berkapasitas tinggi hingga 2000 Mbps di salah satu stasiun tertua dan pelopor stasiun yang dilewati oleh kereta listrik yakni Stasiun Bogor," kata Direktur Operasional MURI Jusuf Ngadri.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan