Mulai 1 Ramadan, Pos Indonesia Sebar Gerai di Pusat Perbelanjaan dan Rilis KemasanKhusus!
PT Pos Indonesia (Persero) melakukan terobosan terbaru dengan membuka counter (gerai) dan me-launching kemasan (dus) khusus selama periode Ramadan hingga lebaran 2022.
Khusus gerai, akan ditempatkan di pusat perbelanjaan untuk memudahkan customer melakukan pengiriman barang domestik dan internasional. Operasional gerai khusus Pos Indonesia ini dimulai secara serentak pada 2 April 2022 lalu. Untuk Jakarta, gerai Pos Indonesia hadir di Pasar Tanah Abang Blok A. Sementara titik lainnya akan dibuka di ITC Mangga Dua, Pusat Grosir Surabaya, Pasar Baru Bandung, dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya. Baca Juga: Petugas Juru Antar Pos Indonesia: Garda Terdepan Salurkan Dana Bansos Kartu Sembako
"Kami akan hadir selama Ramadan hingga Lebaran di beberapa titik kota besar, terutama lokasi-lokasi yang menjadi pusat perbelanjaan atau perkulakan di Indonesia," kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana atau akrab disapa Ana dalam keterangan resminya, Minggu (3/4/2021).
Gerai khusus ini akan memudahkan customer melakukan pengiriman barang langsung dari lokasi. Customer pelaku usaha dan individu tidak perlu repot memesan kendaraan angkutan untuk membawa barang ke rumah atau tempat lainnya.
Tak hanya itu, semua layanan kurir juga disediakan seperti kiriman lokal PosAja, kiriman kurir cepat Pos Express, kiriman reguler, kargo, dan lainnya untuk tujuan domestik dan internasional. Gerai khusus Pos Indonesia akan menampung barang bervolume kecil atau besar dalam kolli.
"Ini sebagai respons kami untuk kecepatan pengiriman, karena Ramadan membutuhkan kecepatan untuk bisa kirim barang ke berbagai daerah. Kalau kami dekat, ini akan memudahkan mereka, " ungkapnya
Ana mengaku, seiring relaksasi pandemi Covid-19 oleh pemerintah, kegiatan perdagangan pada Ramadan ini diperkirakan akan mengalami kenaikan. Sebelum pandemi, pusat perkulakan biasanya banyak diburu pelaku usaha. Transaksi ekonomi dari sektor perdagangan diperkirakan mencapai triliunan rupiah.
Saat Ramadan dan Lebaran, Pos Indonesia juga biasanya mencatat peningkatan volume kiriman. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat melakukan pengiriman barang untuk keluarga atau keperluan bisnis.
Selain membuka gerai di pusat perdagangan, Pos Indonesia juga memperkenalkan packaging khusus (dus PosAja) yang diperuntukkan bagi para customer yang akan melakukan pengiriman. Packaging ini juga tersedia di gerai dan Kantor Pos.
"New packaging PosAja ini kami peruntukan bagi para UMKM dan individu agar barangnya bisa terkemas dengan baik dan bagus, tidak rusak dan enak dilihat. Bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan packing barang, ini akan lebih memudahkan,"jelasnya
Khusus bagi UMKM, langkah ini akan mendorong pelaku usaha naik kelas. Karena dengan tampilan yang lebih baik, barang akan memiliki nilai ekonomi tinggi.
"UMKM juga bisa naik kelas dengan produk kemasan yang lebih premium. Walaupun barang bagus tapi kalau packaging kurang menarik, nilainya akan kurang,"pungkasnya
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Lestari Ningsih
Tag Terkait: