Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ex-Menkeu Menilai Langkah Pemerintah Memberikan BLT Minyak Goreng Sudah Tepat

Ex-Menkeu Menilai Langkah Pemerintah Memberikan BLT Minyak Goreng Sudah Tepat Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) era Presiden SBY, Chatib Basri menilai langkah pemerintah yang mencabut kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) dan menggantinya menjadi bansos dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng merupakan langkah yang sudah tepat.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan kebijakan HET untuk menangani kasus langkanya pasokan minyak goreng di pasaran. Kebijakan kontrol harga ini dinilai tidak efektif.

Baca Juga: Hanya Buka Judul Baru, DPR Nilai BLT Minyak Goreng Bukanlah Solusi Masalah!

"Price control di mana-mana enggak akan bisa jalan. Itu adalah the first lesson of economics. Jangan coba melakukan price control kalau harga di-set di bawah harga produksi. Barangnya hilang!" ujar Chatib Basri dalam Indonesia Macroeconomic Updates, Senin (4/4/2022).

Chatib juga memberikan contoh negara-negara yang sudah mencoba menerapkan price control seperti, Polandia, Amerika Latin telah belajar dari kebijakan ini.

Baca Juga: Luncurkan BLT Minyak Goreng, Pengamat: Langkah Pemerintahan Jokowi Sudah Tepat!

"Itu yang menjelaskan mengapa HET kemarin barangnya pada hilang, minyak gorengnya," tambah Chatib.

Chatib juga mengatakan bahwa, pemerintah memiliki dua opsi. Yang pertama dengan cara price control, memberikan subsidi, tetapi nanti pada akhirnya akan memberatkan APBN dan beberapa pihak terkait.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan