Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berdayakan Masyarakat Underbanked dan Unbanked, BNC Luncurkan Kampanye #BuatSemua dan Fitur Neo THR

Berdayakan Masyarakat Underbanked dan Unbanked, BNC Luncurkan Kampanye #BuatSemua dan Fitur Neo THR Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan telah memaksa masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah dengan mengandalkan kemajuan teknologi, termasuk dalam mengakses layanan perbankan.

Kondisi ini juga mendorong banyak pihak untuk menyediakan bank digital, baik bank konvensional yang kemudian meluncurkan layanan digital maupun perusahaan yang dari awal langsung merilis bank digital.

Baca Juga: Bank Digital Permudah Masyarakat Dapat Pinjaman KTA

Berkat kekuatan perbankan digital dan teknologi hingga digitalisasi, banyak konsumen ataupun nasabah sudah jarang menginjakkan kaki di hadapan mesin ATM atau gerai bank, dari kemampuan untuk mengakses fungsi perbankan sehari-hari melalui komputer atau perangkat seluler hingga memberdayakan transaksi tanpa uang tunai. Konsumen yang  seperti ini biasanya masuk dalam golongan underbanked atau unbanked.

Masyarakat underbanked adalah masyarakat yang memiliki rekening bank, tetapi masih menghadapi keterbatasan akses ke layanan keuangan seperti kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) karena berbagai alasan, salah satunya riwayat kredit yang terbatas. Sementara, masyarakat unbanked adalah mereka yang tidak memiliki rekening bank tradisional atau akses ke layanan perbankan. Mereka umumnya berpendidikan rendah sehingga bekerja di sektor usaha informal, dan hidup dengan kondisi keuangan yang minim.

Berangkat dari hal ini, PT Bank Neo Commerce Tbk. (BNC) meluncurkan kampanye #BuatSemua, Senin (11/04). Sesuai namanya, kampanye ini ditujukan untuk menawarkan produk terlengkap dalam satu aplikasi yang mudah diakses semua orang dan untuk semua kebutuhan sesuai dengan fungsi bank digital yang sudah disebutkan di atas.

Vice President & Head of Marketing BNC, Maritsen Darvita mengatakan, Kampanye #BuatSemua berangkat dari penelusuran Bank Neo Commerce bahwa masyarakat Indonesia masih banyak mengalami permasalahan finansial dan literasi keuangan. Ia menyebutkan, potensi masyarakat untuk menggunakan layanan perbankan masih tinggi di Indonesia. Tercatat besarnya angka underbanked (47 juta orang) dan unbanked (92 juta orang) di Indonesia.

"Melihat urgensi yang ada di masyarakat tersebut, BNC lewat kampanye #BuatSemua berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat bahwa neobank merupakan super-app yang mudah digunakan oleh semua kalangan," katanya dalam acara Peluncuran Kampanye #BuatSemua di Jakarta.

Ia mengungkapkan, aplikasi tersebut menjawab kebutuhan perbaikan literasi keuangan untuk semua kebutuhan dengan memangkas berbagai keresahan masyarakat ketika mengakses aplikasi perbankan yang sering dirasa tidak user-friendly. Untuk itu, Maritsen mengatakan Bank Neo Commerce mendobrak hambatan akses perbankan yang selama ini ada dengan menyediakan aplikasi yang mudah digunakan.

"BNC memberikan solusi dari berbagai permasalahan perbankan dan finansial yang masih dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Lewat tema kami Business dan Fun, BNC menjadikan kampanye #BuatSemua sebagai tawaran menarik yang berisikan produk perbankan yang berfitur lengkap hanya dalam satu aplikasi yang mudah digunakan," ungkapnya.

Di saat yang sama, BNC juga memperkenalkan fitur "Neo Angpao" atau THR Neo. Fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berbagi keceriaan dengan orang-orang tersayang hanya dengan satu sentuhan. Selain Neo Angpao atau THR Neo, BNC juga sudah memiliki fitur digital interface lainnya yang sangat bermanfaat seperti Free transfer, PPOB, Neo NOW, Neo WOW. Bukan cuma itu, BNC juga menawarkan fitur gamification seperti Neo Fortune, Neo World, Neo Chat.

Maritsen menuturkan, melalui berbagai fitur ini, BNC berharap bisa melayani, memberikan jawaban, keleluasaan dan kenyamanan atas semua kebutuhan masyarakat. Sebagai bank digital yang inovatif, ia sadar untuk mencapai pelayanan yang prima di era modern ini diperlukan banyaknya terobosan dan keberanian.

"Harapan kami, produk dan layanan BNC akan menjadi yang paling inovatif dan terbaik di kelasnya sehingga mampu menawarkan banyak pilihan yang luas dan fleksibel bagi nasabah," tutup Maritsen.

Melansir dari laman BNC, fitur Neo Angpao atau THR Neo ini  bisa digunakan dengan mudah. Sekarang pengguna bisa saling membagikan angpao tanpa repot tarik tunai dan transfer. Pengguna cukup kirim angpao melalui fitur Neo Angpao ke dalam grup chat neobank dan masing-masing anggota grup bisa klaim angpao secara mandiri. Untuk lebih lanjut berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang Neo Angpao.

  • Pengiriman angpao hanya bisa dilakukan sebanyak jumlah member grup (jika member 20 orang, maka jumlah maksimal angpao hanya 20 pcs);
  • Neo Angpao terdiri dari 2 jenis, Angpao Surprize dan Hadiah Angpao;
  • Angpao Surprize dapat digunakan jika ingin memberikan angpao dengan sistem klaim random (setiap orang yang klaim mendapatkan angpao dengan jumlah secara acak), jadi cukup memasukkan nominal total angpao yang ingin kamu berikan;
  • Hadiah Angpao dapat digunakan jika ingin memberikan angpao dengan jumlah sesuai yang ditentukan untuk seluruh anggota grup;
  • Angpao akan kedaluwarsa dalam 24 jam dan sisa uang yang tidak diambil akan dikembalikan ke rekening asal;
  • Angpao yang diambil akan langsung masuk ke rekening Tabungan Neo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: