Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat di 32 Wilayah

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat di 32 Wilayah Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Selasa (19/4/2022); terpantau Bibit Siklon Tropis 94P di Laut Arafura yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Teluk Carpentaria hingga perairan utara Australia.

Dilansir informasi web.meteo.bmkg.go.id dari pantauan Pusat, akan ada Tekanan Rendah di Samudra Hindia, barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudra Hindia selatan Jawa Timur-Lampung.

Baca Juga: Siap-siap! BMKG: Perkiraan Cuaca Peringatan Dini Besok Hujan Angin

Selain itu, Sirkulasi Siklonik juga terpantau di pesisir barat Aceh, Samudra Hindia selatan Jawa Barat, Kalimantan, Laut Jawa, dan Sulawesi bagian tengah yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Aceh, di Sumatra Utara, dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, di pesisir selatan Pulau Kalimantan, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Utara, dan di Sulawesi bagian tengah.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Bengkulu, di Samudra Hindia barat Lampung, perairan barat Lampung hingga Lampung, dan di Selat Karimata.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon, pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Penulis: Ratih Widihastuti Ayu
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan