Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Transformasi Digital UMKM, Berikut Perjalanan ShopeePay Sepanjang 2021

Dukung Transformasi Digital UMKM, Berikut Perjalanan ShopeePay Sepanjang 2021 Kredit Foto: ShopeePay
Warta Ekonomi, Jakarta -

ShopeePay, layanan pembayaran digital berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia. Pada 2021, ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM Lokal untuk mendorong pemilik UMKM lokal bangkit, selain itu, berbagai kampanye promo menarik, serta perluasan penggunaan fitur ShopeePay Sekitarmu pada masyarakat Indonesia juga dilakukan untuk mendorong transformasi digital pada UMKM.

Program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi oleh ShopeePay sejak Maret 2021 merupakan salah satu upaya mendorong bangkitnya UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Program ini telah menjangkau banyak pemilik usaha di lebih dari 45 sentra UMKM, lebih dari 11 kota dan enam pulau besar di Indonesia.

Melalui Cashback Spesial 60%, ShopeePay membantu memberikan stimulus guna mendorong masyarakat bertransaksi di banyak gerai UMKM. Selama 2021, di sembilan kota yang telah dikunjungi program Semangat UMKM Lokal yakni Medan, Semarang, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Solo, Yogyakarta, dan Denpasar, jumlah merchant UMKM tumbuh 4,5 kali lipat dibanding 2020. 

Baca Juga: Dukung BI, ShopeePay Terima Transaksi Semua Kode QRIS

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari mengatakan, UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia. Di tengah situasi yang tak menentu pada 2021, ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM Lokal sebagai langkah nyata dalam mendorong bangkitnya UMKM di tengah pandemi.

"Selain itu, kami juga terus menghadirkan berbagai inovasi fitur, program, dan promo menarik guna mendorong adopsi teknologi pada bisnis pelaku UMKM. Dengan berbagai upaya yang kami lakukan, pada 2021 jumlah merchant UMKM baru yang bergabung menjadi merchant ShopeePay tumbuh empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya," katanya, Selasa (19/04).

Ia menyampaikan, selain fitur dan kemudahan, merchant UMKM juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kampanye promo ikonik ShopeePay yang turut hadir mendorong pertumbuhan UMKM. Melalui stimulus promo, merchant UMKM dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memperkuat basis konsumen yang loyal.

Misalnya saja sepanjang 2021, ada lebih dari 40 kampanye promo yang turut berkontribusi pada kenaikan transaksi UMKM. Rata-rata, sebanyak 9 dari 10 merchant UMKM yang berpartisipasi mengalami kenaikan transaksi pada periode kampanye promo ikonik ShopeePay, seperti ShopeePay Big Ramadan Deals serta promo tanggal cantik 9.9, 11.11, hingga 12.12.

Baca Juga: Umumkan Kerja Sama, 2C2P dan ShopeePay Akan Tingkatkan Akses Pembayaran Digital

"Di tahun 2022 ini, ShopeePay akan terus hadir untuk mendukung UMKM melalui serangkaian kampanye, salah satunya adalah kampanye 3.15 Hari Cashback ShopeePay yang berlangsung pada bulan Maret lalu, di mana hampir semua merchant UMKM yang bergabung dalam kampanye promo tersebut mengalami kenaikan transaksi dibandingkan dengan hari biasanya," ungkapnya.

Ia menambahkan saat ini, ShopeePay telah tersedia sebagai metode pembayaran di lebih dari satu juta merchant di seluruh Indonesia. Kedepannya, ShopeePay akan terus menghadirkan program Semangat UMKM Lokal ke lebih banyak kota dan pelaku UMKM di Indonesia, serta terus memperluas jangkauan layanan ShopeePay. 

"Di tahun ini, kami ingin terus menggandeng para merchant, termasuk pelaku UMKM, untuk bisa bangkit dan mengembangkan usahanya. Kami juga akan terus menambah use case bermanfaat bagi masyarakat," tutup Eka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: