Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

ShopeePay Talk Edisi Ramadan: Tips Bisnis Untung dalam Membangun Kedekatan dengan Konsumen

ShopeePay Talk Edisi Ramadan: Tips Bisnis Untung dalam Membangun Kedekatan dengan Konsumen Kredit Foto: Nuzulia Nur Rahma
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bulan ini, ShopeePay Talk, platform diskusi interaktif bulanan yang diinisiasi oleh ShopeePay untuk membahas berbagai topik ringan, trendy, dan insightful, hadir menyambut bulan Ramadan dan mengajak para pelaku bisnis untuk memaksimalkan momen spesial dalam membangun kedekatan dengan konsumen.

Mengangkat tema "Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung", ShopeePay Talk kali ini, Selasa (19/04) dihadiri oleh Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, dan turut mengundang dua pelaku bisnis, yakni Vico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee, dan Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express, dan pakar bisnis, Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist.

Baca Juga: Dukung Transformasi Digital UMKM, Berikut Perjalanan ShopeePay Sepanjang 2021

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari, mengatakan, sederet momen spesial yang ada di sepanjang tahun kerap diantisipasi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini tentunya merupakan peluang yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis untuk makin mempererat hubungan dengan konsumen.

"ShopeePay berusaha mengakomodasi mitra merchant dalam memaksimalkan momentum tersebut melalui rangkaian program dan kampanye khusus, salah satunya kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals. Dengan berbagai penawaran menarik di momen spesial, kami harap ShopeePay dapat terus mendukung merchant untuk melebarkan sayap bisnis dan memberikan kepuasan dan lebih banyak kemeriahan bagi konsumen di Tanah Air," katanya.

Mitra merchant ShopeePay, Ayam Keprabon Express serta Fore Coffee, membagikan pengalaman seru dan menarik mereka dalam menyambut momen spesial. Pada momen hari kasih sayang, misalnya, Ayam Keprabon Express menghadirkan promo khusus bundle dan membagikan bunga kepada pelanggan di sejumlah gerainya. Tak kalah seru, Fore Coffee meluncurkan beberapa kolaborasi dengan produk eksklusif dalam rangka merayakan momen spesial.

Menilik lebih jauh, berikut sejumlah tips inspiratif yang dapat dilakukan pelaku bisnis dalam memaksimalkan momen spesial.

Baca peluang dan rencanakan program yang relevan untuk sambut momen spesial

Memetakan momen spesial sepanjang tahun memang menjadi kunci utama yang umum dilakukan. Meski demikian, bisnis perlu menyadari bahwa pola pikir fleksibel dan terbuka juga perlu diterapkan, terlebih di tengah perkembangan tren konsumen yang dinamis.

Renny Rantika, CEO & Co-Founder Ayam Keprabon Express menuturkan, meski menu andalannya adalah ayam geprek, ia selalu berusaha berinovasi agar tetap relevan di mata masyarakat. Untuk itu, walau telah membuat perencanaan sejak awal tahun, Ayam Keprabon Express selalu berusaha untuk jeli melihat peluang momen spesial yang bisa dimanfaatkan.

"Dalam pelaksanaannya, kami pun berusaha selalu fleksibel memahami bahwa setiap kota memiliki karakteristik dan tren konsumen yang berbeda. Tidak hanya melalui media sosial, kami juga melakukan pendekatan lain seperti gimmick di gerai offline, kolaborasi dengan brand lain, hingga menghadirkan kemasan spesial," jelasnya.

Konsisten usung brand value dan berani gagaskan ide momen spesial 

Di tengah maraknya program promosi yang dilakukan saat perayaan momen spesial, penting bagi bisnis untuk tetap tampil berbeda agar menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tetap stand out adalah dengan mengombinasikan karakteristik serta value yang diusung bisnis dengan segmentasi konsumen yang hendak disasar. Pendekatan ini bukan hanya memperkuat persona bisnis yang konsisten, melainkan juga membangun kedekatan emosional serta loyalitas konsumen terhadap bisnis.

Vico Lomar, CEO & Co-Founder Fore Coffee mengatakan, dalam merencanakan kampanye momen spesial, Fore Coffee senantiasa berpegang teguh pada value yang dimiliki sehingga karakter sebagai brand pun akan tercermin dalam kampanye yang terlaksana. Melalui nilai-nilai tersebut, ia berhasil menghimpun basis konsumen loyal dan akhirnya Fore Coffee dapat menciptakan sendiri momen-momen spesial yang bisa dirayakan bersama.

"Contohnya, saat perayaan hari jadi Fore Coffee, kami meluncurkan inovasi produk spesial limited edition dan aktivitas engagement yang berkolaborasi bersama figur publik. Respons positif konsumen yang di luar ekspektasi mendorong kami untuk terus memegang teguh value dan karakter yang kami miliki. Pendekatan tersebut juga kami tuangkan dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini melalui peluncuran menu minuman spesial Ramadan dan rangkaian koleksi hampers," ungkapnya.

Maksimalkan kolaborasi untuk promosi yang makin efektif

Kolaborasi dapat menjadi salah satu solusi bagi bisnis yang ingin memperluas visibilitas di tengah perayaan momen spesial, terutama bagi pelaku UMKM yang memiliki sumber daya terbatas. Melalui kerja sama dengan pihak lain yang kredibel, pebisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan upaya yang lebih sederhana.

Menutup sesi diskusi ShopeePay Talk Spesial Ramadan: Sambut Momentum, Bisnis Makin Untung, Septian Bramandita, Entrepreneur & Digital Marketing Strategist menegaskan bahwa tidak bisa dimungkiri bahwa strategi marketing di momen spesial kadang membutuhkan effort lebih, baik modal maupun tenaga serta waktu.

"Di tengah industri yang makin terbuka saat ini, pelaku bisnis dapat mengeksplorasi peluang kolaborasi bersama pihak lain yang telah memiliki basis pasar, misalnya figur publik yang relevan atau pun brand seperti ShopeePay yang kerap menyelenggarakan kampanye di momen-momen spesial. Dengan begitu, bisnis dan UMKM dapat mengakselerasi bisnis dan membangun loyalitas konsumen, serta tetap eksis di berbagai kesempatan," tutupnya.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan