Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Memilih Asuransi Kendaraan untuk Mudik Lebaran yang Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Asuransi Kendaraan untuk Mudik Lebaran yang Sesuai Kebutuhan Kredit Foto: Allianz Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Siap-siap melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk merayakan Idul Fitri 1443 H bersama keluarga di kampung halaman. Tentunya, agar mudik Lebaran tahun 2022 berlangsung lancar dan menyenangkan, syarat-syarat perjalanan di atas harus dipersiapkan dari sekarang. Kendaraan untuk mudik Lebaran juga harus diservis agar dalam kondisi yang baik untuk perjalanan jarak jauh. Yang tak boleh dilupakan juga adalah Asuransi Kendaraan.

Semakin banyak pemudik, makin besar pula risiko perjalanan selama mudik Lebaran tahun 2022. Risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selama perjalanan dan libur Lebaran. Oleh karena itu, kendaraan juga butuh asuransi untuk mengantisipasi hal-hal buruk selama mudik perjalanan.

Baca Juga: Konsisten Edukasi Masyarakat, Allianz Indonesia Gelar Webinar #YukPahami PAYDI dan Manfaatnya

Saat ini, hampir semua perusahaan asuransi menyediakan Asuransi Kendaraan. Tentu saja, semakin banyak pilihan produk Asuransi Kendaraan, semakin sulit untuk menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak salah pilih, berikut sejumlah tips memilih Asuransi Kendaraan untuk mudik Lebaran tahun 2022:

1. Kenali perusahaan asuransi

Asuransi adalah salah satu lembaga keuangan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hanya perusahaan asuransi yang mendapatkan izin OJK yang bisa menawarkan produknya ke masyarakat. Pastikan, kamu hanya menggunakan Asuransi Kendaraan dari perusahaan yang telah mendapatkan izin OJK.

Selain izin, kenali juga reputasi perusahaan asuransi tersebut. Telusuri di internet dan media sosial untuk mengetahui track record perusahaan tersebut. Perhatikan setiap review yang diberikan oleh para penulis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan asuransi tersebut.

Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan layanan Asuransi Kendaraan adalah Allianz Indonesia. Salah satu Asuransi Kendaraan dari Allianz Indonesia adalah Allianz MobilKu yang bisa memberikan perlindungan komprehensif untuk persiapan perjalanan mudik Lebaran. Allianz MobilKu menyediakan tiga pilihan yakni Mobilku Eco, Mobilku Grand dan Mobilku Non Paket.

Baca Juga: Tren Perjalanan Mulai Pulih, Zurich Bersiap Sambut Peluang Bisnis Asuransi Perjalanan

2. Mengetahui jenis-jenis Asuransi Kendaraan dengan informasi secara detail

Secara umum, Asuransi Kendaraan memberikan 2 macam perlindungan untuk dipilih, yakni komprehensif atau all risk dan total loss only (TLO). Asuransi kendaraan all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Semua kerusakan kecil dan besar ditanggung oleh Asuransi Kendaraan all risk. Tentunya, dengan banyaknya perlindungan yang diberikan, nominal premi yang dibayar juga lebih mahal.

Asuransi kendaraan TLO memiliki besaran premi yang lebih murah dibandingkan asuransi all risk. Namun, asuransi kendaraan TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat dan kehilangan. Kerusakan berat yang dimaksud adalah kendaraan rusak parah akibat kecelakaan dan untuk perbaikan membutuhkan biaya di atas 75% dari harga kendaraan. 

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan