Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Lebaran, Makanan dan Minuman Jadi Kategori Paling Laris di Tokopedia

Jelang Lebaran, Makanan dan Minuman Jadi Kategori Paling Laris di Tokopedia Tokopedia | Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia mencatat kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, dan Perawatan Diri menjadi yang paling laris selama periode kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra (data 25 Maret-20 April 2022).

Sementara itu, menjelang Lebaran 2022 (data 11-20 April 2022), kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi adalah Makanan dan Minuman, Fesyen, Perawatan Diri dan Kecantikan. Capaian tahun ini lebih tinggi bila dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Sudah Mau Lebaran Nih! Tokopedia Ungkapkan Produk Terlaris Sepanjang Ramadan 2022

“Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” kata Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Di kategori Makanan dan Minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh, dan hampers buah. Sedangkan di kategori Fesyen, produk seperti baju ihram, jilbab anak, serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.

Pada kategori Perawatan Diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut, serta krim tirai (sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku. Lalu di kategori Kecantikan, produk maskara, krim tirai (sunblock) untuk wajah, serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.

Tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.

Selain itu, hal ini juga didorong oleh Tokopedia NOW! yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian (sembako, daging, sayur, buah dan sebagainya) dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

“Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fesyen termasuk fesyen muslim, salah satunya Wearing Klamby. Kenaikan transaksi Wearing Klamby mencapai hingga 300% di Lebaran 2021.

Baca Juga: Momentum Hari Kartini, Tokopedia Serukan Kesetaraan dan Kesempatan yang Sama

Selain itu, ada kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp50 ribuan. Contoh UMKM yang ikut dalam kampanye ini adalah Dekayu Indonesia. Transaksi Dekayu meningkat lebih dari empat kali lipat di Ramadan 2021 dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya. Tokopedia juga menyiapkan materi edukasi #SIAPRAMADAN 2022 untuk memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: