Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Tom Gores, Miliarder Investor Pemilik NBA Detroit Pistons

Kisah Orang Terkaya: Tom Gores, Miliarder Investor Pemilik NBA Detroit Pistons Kredit Foto: Getty Image/Leon Halip
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengusaha asal Amerika, Tom Gores adalah salah satu orang terkaya di dunia. Gores merupakan seorang miliarder investor dengan perkiraan kekayaan bersih saat ini sebesar USD6 miliar (Rp87 triliun), menurut Forbes.

Gores adalah pendiri Platinum Equity, sebuah perusahaan ekuitas swasta dengan kantor pusat di Beverly Hills. Pada 1 Juni 2011, Tom Gores dan Platinum Equity menjadi pemilik Detroit Pistons National Basketball Association (NBA).

Gores lahir dalam keluarga Katolik yang taat di Nazareth, Israel. Ia merupakan putra dari ayah keturunan Yunani dan ibu keturunan Lebanon. Pada tahun 1968, keluarganya pindah ke Genesee, Michigan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Lin Li, Investor Legendaris China Berharta Rp72 Triliun

Saat menjadi siswa di Genesee High School, Gores sudah terlihat sangat menyukai sepak bola dengan bermain bertahan dalam sepak bola, gelandang tengah dalam bisbol, dan penjaga dalam bola basket. Dia menerima beasiswa untuk kuliah di Michigan State University dan lulus pada tahun 1986 dengan gelar Bachelor of Science dalam manajemen konstruksi.

Gores menghabiskan usia dua puluhan mempelajari bisnis pembelian dengan kakak laki-lakinya Alec. Sebelum bergabung dengan saudaranya bekerja di Continental Telephone untuk tugas singkat.

Sebagai raja bisnis ekuitas swasta global, Gores mendirikan Platinum Equity LLC yang berbasis di Beverly Hills, California, tempat tinggalnya pada tahun 1995 dengan maksud untuk mengakuisisi divisi non-inti dari perusahaan Fortune 1000.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan