Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sukses Ganjal Ahok jadi RI1-RI2, Tapi Nasib Habib Rizieq: Habis Manis Sepah Dibuang!

Sukses Ganjal Ahok jadi RI1-RI2, Tapi Nasib Habib Rizieq: Habis Manis Sepah Dibuang! Kredit Foto: Antara/Arif Firmansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Habib Rizieq Syihab atau dikenal dengan akronim HRS sempat mengharu-biru blantika politik nasional, mulai akhir 1998 sejak kemunculan FPI hingga akhir 2020.

Peranannya yang signifikan dalam mendorong naiknya kekuatan politik massa dan identitas Islam, telah membuahkan peristiwa fenomenal 212, gagalnya Ahok menuju mimpi RI 1 atau RI 2, terpilihnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai DKI 1 dan 2 pada 2017, dan perolehan suara signifikan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019, tidak bisa dilepaskan dari peranan dan pengaruh gerakan massa Islam yang salah satunya digerakkan oleh HRS dan FPI.

Kendati demikian panjang jasa politik HRS terhadap banyak politisi yang memanfaatkan massa Islam, namun mereka tidak terlihat berupaya keras membantunya untuk lepas dari kejaran rezim Jokowi yang menggiringnya ke dalam penjara.

Para politisi itu seolah bersikap, habis manis sepah dibuang. Usaha membendung agar organisasi yang dibangunnya berpuluh tahun, yaitu FPI, agar tidak dilikuidasi oleh rezim Jokowi, tidak terlihat sama sekali dari para politisi yang meraih kekuasaan dari keringat FPI dan simpatisan yang telah menggerakkan massa.

Demikianlah realitas praktik politik yang tidak perlu disesali. Tapi cukup diingat dan dicatat agar menjadi pelajaran supaya tidak diulangi sebagai suatu kerugian.

Halaman:

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan