Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Para Pemula Harus Tahu Ini! Berikut 6 Tahap Membeli Properti

Para Pemula Harus Tahu Ini! Berikut 6 Tahap Membeli Properti Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memiliki rumah merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun tak sedikit pula yang masih bingung saat dihadapkan dengan proses pencarian properti dan apa saja yang harus disiapkan. Padahal, saat akan membeli properti, penting untuk mengetahui tahapan pembeliannya.

Sebagai bentuk literasi kepada masyarakat, Pinhome melalui Ahli Properti dan Pembiayaan, Vina Yenastri membagikan sedikitnya enam tahap dalam proses pencarian properti. Melansir dari siaran resminya, Selasa (10/5/2022) tahap-tahapan tersebut terdiri dari define, discovery, consideration, negotiation, transaction, dan post-transaction

Baca Juga: Mau Punya Properti Tapi Penghasilan di Bawah 6 Juta? Masyarakat Bisa Coba Program Ini!

Vina menjelaskan di tahap define, calon pembeli properti harus menetapkan jenis properti yang akan dibeli serta mengetahui budget pembelian properti yang sesuai.

"Di tahap ini, kita udah mulai menentukan kriteria properti yang kita mau atau butuhkan seperti apa dan jenisnya apa aja. Lalu menentukan budget ini menjadi poin dasar utama ketika kita mencari properti. Budget kita untuk mencari properti berapa ya? Kemampuan kita untuk membeli properti berapa, lalu kita hitung-hitung, lalu kita masuk ke tahap discovery," kata Vina dalam Bahas Tuntas Properti by Property Academy Pinhome.

Kedua, di tahap discovery, Ia mengatakan calon pembeli sudah mulai mencari properti yang sesuai dengan kebutuhan dan juga membuat skala prioritas properti berdasarkan preferensi.

Baca Juga: Sektor Properti Paling Tahan Banting, Generasi Milenial Jadi Targetnya

"Di tahap ini, kita sudah mulai mencari-cari properti yang sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan dan sesuai dengan budget kita, dan kita sudah mulai urutkan skala prioritasnya berdasarkan preferensi, karena untuk mencari properti itu ada yang jaraknya dekat, lebih jauh, atau aksesnya lebih sulit, itu ada macam-macam. Tiap individu berbeda. Jadi harus ditentukan skala prioritasnya," terang Vina.

Kemudian di tahap consideration, Vina menuturkan calon pembeli harus melakukan survei pada properti pilihan serta mempertimbangkan tiap aspek dari properti pilihannya.

Baca Juga: BNI Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Tapanuli Utara

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: