Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bill Gates Danai Pembangunan Pabrik Vaksin Baru dengan Fasilitas Super Canggih

Bill Gates Danai Pembangunan Pabrik Vaksin Baru dengan Fasilitas Super Canggih Kredit Foto: Instagram Bill Gates
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder Bill Gates baru saja membantu acara pemotongan pita di fasilitas manufaktur baru di wilayah Seattle untuk vaksin yang dibangun oleh Inventprise, sebuah perusahaan biotek yang didukung dengan dana dari Bill & Melinda Gates Foundation.

Dengan berlokasi di antara ladang dan kilang anggur di pinggiran Seattle Woodinville, Washington, fasilitas baru seluas 70.000 kaki persegi ini akan memproduksi vaksin untuk melawan penyakit pneumokokus, yang membunuh ratusan ribu anak setiap tahun.

Jika uji klinis mendatang perusahaan berhasil, pabrik diposisikan untuk menghasilkan puluhan juta shot setiap tahun untuk penggunaan komersial. Vaksin untuk penyakit lain juga sedang digarap.

Baca Juga: Bill Gates Peringatkan Elon Musk Bisa Bikin Twitter Lebih Buruk: Saya Agak Ragu...

Melansir Geek Wire di Jakarta, Rabu (11/5/22) Gates Foundation pada bulan November menjanjikan hingga USD90 juta (Rp1,3 triliun) kepada perusahaan dari dana investasi strategisnya yang mendukung sektor swasta. Pendanaan itu dibangun di atas USD100 juta (Rp1,4 triliun) yang sebelumnya diterima perusahaan dari yayasan.

“Kami adalah mitra yang berkomitmen penuh, sepenuhnya bersemangat dengan apa yang kami lihat di sini dan kami memiliki banyak pencapaian yang akan datang. Dan menurut saya ini cukup besar," kata Gates dalam pernyataan singkat di fasilitas itu.

Media AS, GeekWire, mendapat tur di dalam fasilitas. Ada deretan inkubator stainless steel menumbuhkan bakteri. Hanya satu strain pada satu waktu yang dapat dibuat dengan sistem, yang menghancurkan mikroba dan memisahkan komponen yang digunakan dalam vaksin, bagian dari lapisan gula di bagian luar serangga.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan