Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Content Manager?

Apa Itu Content Manager? Kredit Foto: Unsplash/Avel Chuklanov
Warta Ekonomi, Jakarta -

Content manager adalah seorang pengelola konten yang bertanggungjawab atas konten sebuah situs website. Tanggung jawab manajer konten mencakup perencanaan strategis dan pembuatan konten digital serta memperbarui konten dalam sistem manajemen konten (CMS).

Content manager harus memastikan konten yang tepat akan muncul pada waktu yang tepat di tempat yang tepat di situs yang mereka awasi. Pekerjaan ini mencakup mengedit teks dan gambar sehingga muncul di situs web dengan ukuran dan kualitas yang optimal.

Baca Juga: Apa Itu Content Management System?

Content manager bertanggung jawab atas aktivitas editorial dan teknis. Rentang tugas yang dilakukan sangat luas dan akan bervariasi sesuai dengan perusahaan dan industri. Tanggung jawab pengelola konten umumnya meliputi:

  1. Mengembangkan strategi konten
  2. Merencanakan dan mengoordinasikan konten
  3. Membuat konten
  4. Memperbarui konten CMS
  5. Memantau dan mengontrol konten
  6. Mengoptimalkan konten

Fokus pekerjaan manajer konten mungkin pada pembuatan konten atau pada perencanaan dan pengeditan konten eksternal. Ini berarti pengelola konten secara langsung memproduksi konten untuk Internet atau mungkin menugaskan produksi konten ke penulis lepas eksternal.

Di samping pengalaman editorial, seorang manajer konten harus memiliki setidaknya pengetahuan HTML dasar, pemahaman tentang pemrosesan gambar dan video, ditambah keahlian SEO dan pemasaran dan keakraban dengan saluran media sosial.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan