Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Zelenskyy Siap Bicara dengan Putin Tanpa Ultimatum Sebagai Syarat...

Zelenskyy Siap Bicara dengan Putin Tanpa Ultimatum Sebagai Syarat... Kredit Foto: Reuters/Umit Bektas
Warta Ekonomi, Paris -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, dia siap mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurutnya, ia dan Putin harus menemukan kesepakatan guna mengakhiri konflik, tapi tanpa ultimatum sebagai syarat.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah Italia, RAI, yang dijadwalkan disiarkan Kamis (12/5/2022), Zelensky pun menyampaikan bahwa Ukraina tidak akan pernah mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia. Moskow diketahui mencaplok Krimea pada 2014.

Baca Juga: Jokowi di Kongres AS: Situasi Ukraina Bisa Terjadi di Indo-Pasifik, jika...

“Krimea selalu memiliki otonominya, ia memiliki parlemennya, tapi di dalam Ukraina,” ucapnya dalam kutipan wawancara yang dirilis lebih dulu.

Pada kesempatan itu, pewawancara turut menyodorkan pertanyaan perihal komentar Presiden Prancis Emmanuel Macron yang memperingatkan terhadap segala penghinaan terhadap Putin.

“Kami ingin tentara Rusia meninggalkan tanah kami, kami tidak berada di tanah Rusia. Kami tidak akan menyelamatkan muka Putin dengan membayar dengan wilayah kami. Itu tidak adil,” jawab Zelensky.

Dalam komentar lain, Zelensky mengatakan, masa depan Rusia harus dipikirkan. “Kita harus memilikirkan masa depan Rusia. Saya sebagai presiden Ukraina mengatakan Rusia adalah tetangga kami. Akan ada presiden lain, presiden lain, dan generasi lain,” ujarnya.

Rusia dan Ukraina telah menggelar beberapa putaran pembicaraan. Namun belum ada kesepakatan mengenai gencatan senjata dan penghentiaan pertempuran. Kremlin pun sempat mengungkapkan bahwa materi-materi hasil pertemuan belum cukup untuk dibahas di pertemuan tinggi antara Putin dan Zelensky.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan