Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gawat, Pemerintah Bayangan Myanmar Minta Dipersenjatai Seperti Ukraina

Gawat, Pemerintah Bayangan Myanmar Minta Dipersenjatai Seperti Ukraina Kredit Foto: Getty Images/AFP/Kachinwaves
Warta Ekonomi, Yangon -

Pemerintah bayangan Myanmar telah meminta bantuan internasional untuk mempersenjatai pasukan perlawanannya melawan militer yang berkuasa, merujuk pada dukungan serupa dengan yang diberikan kepada Ukraina yang memerangi pasukan Rusia.

Menurut menteri pertahanan Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) Yee Mon, orang-orang Ukraina dan milisi pro demokrasi Myanmar sama-sama berjuang untuk kebebasan dan hidup mereka.

Baca Juga: ASEAN Disentil, Myanmar Didekati, Peneliti Australia Mulai Sororti Sikap Malaysia

Namun, untuk bisa menghadapi tentara Myanmar yang dipersenjatai dengan baik, dibutuhkan lebih dari sekadar solidaritas internasional.

Milisi sebagian besar bersenjata ringan, menggunakan senapan yang belum sempurna dan bahan peledak buatan sendiri untuk melawan militer yang diperlengkapi dengan baik, yang telah dituduh oleh PBB menggunakan senjata berat dan serangan udara terhadap penduduk sipil.

Kedutaan Besar Amerika Serikat dan delegasi Uni Eropa di Yangon tidak segera menanggapi permintaan komentar atas telepon Yee Mon.

Pernyataannya datang beberapa hari setelah menteri luar negeri NUG Zin Mar Aung mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah di sela-sela KTT ASEAN-AS di Washington DC pekan lalu. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan