Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sektor Logistik Alami Peningkatan 30%, Imbas Momentum Lebaran

Sektor Logistik Alami Peningkatan 30%, Imbas Momentum Lebaran Kredit Foto: Asosiasi Logistik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sektor logistik mengalami peningkatan hingga 30% pada periode Ramadan dan Idulfitri lalu. Kinerja ini mengindikasikan adanya tren pemulihan pada sektor ini.

"Salah satu peak-season dalam satu tahun industri di Indonesia itu adalah momen Ramadan dan lebaran. Kami melihat memang terjadi peningkatan volume di akhir menuju lebaran, sekitar 30%," kata Mahendra Rianto, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, saat ditemui usai acara peluncuran Gerakan 1 Juta Kendaraan McEasy di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Perkuat Pelayanan Logistik, Pelindo Gandeng HKI

Menurut Mahendra, peningkatan ini terjadi salah satunya didorong oleh kebijakan pemerintah melonggarkan jalur logistik. "Sampai H-3 atau H-4 itu kendaraan logistik masih bisa berjalan," tuturnya.

Selain itu, kebijakan buka tutup jalur pada periode mudik juga berdampak pada kinerja logistik. Dengan kebijakan itu, kebutuhan masyarakat di daerah masih dapat terpenuhi meskipun di tengah tren perjalanan mudik.

Baca Juga: Efek Pembangunan Infrastruktur, Erick Klaim Angkutan Logistik Melonjak 116%

Terlebih, kebijakan pencairan THR turut mendongkrak daya beli masyarakat. "Ketika daya beli naik, ada produk yang mau dibeli. Jadi ada kenaikan demand," jelas Mahendra.

Melihat perkembangan ini, Mahendra optimistis dengan kinerja sektor logistik serta kontribusinya pada perekonomian negara.

"Coba nanti lihat laporan di bulan April sama Mei, pasti terjadi kenaikan ekonomi di kita [logistik]," ujar dia.

Baca Juga: Tak Hanya di Aceh Ternyata Izin Lokasi Acara Anies di 3 Wilayah Ini Dicabut, Andi Sinulingga: Perubahan Itu Sudah Dekat...

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: