Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ganjar Anies Minggir Dulu, Sosok Ini yang Punya Modal Diusung Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres

Ganjar Anies Minggir Dulu, Sosok Ini yang Punya Modal Diusung Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres Kredit Foto: Humas Pemprov Jabar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, disebut mempunyai modal kuat untuk diusung Koalisi Indonesia Bersatu pada Pemilu 2024.

Apalagi, Ridwan Kamil sudah bersilaturahmi dengan sejumlah ketua umum serta para pengurus partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu, yakni PAN, PPP dan Golkar.

Baca Juga: Diungkap Saleh Daulay Soal Kedekatan Ridwan Kamil dengan PAN

Pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Karim Suryadi menilai sosok Ridwan Kamil (RK) memiliki modal kuat untuk diusung dan berlaga pada Pemilu 2024.

Kata Karim, Ridwan Kamil sebagai gubernur dengan tingkat pemilih terbanyak (berdasarkan pada Pemilu 2019) ditambah dengan raihan prestasi, dan itu menjadi modal politik yang menggoda.

“Pak RK juga figur yang gampang dipoles sebagai kekuatan pasar politik,” kata Karim Suryadi, Selasa, 17 Mei 2022.

Pertemuan tersebut dinilai sebagai pertanda yang baik, ditandai dengan “mesranya” hubungan antara Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Menurut Karim dalam dunia politik semua kemungkinan bisa saja terjadi, termasuk Ridwan Kamil diusung Partai Golkar, PPP, dan PAN yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Tidak menutup kemungkinan pula akan muncul duet antara Airlangga Hartarto dengan Ridwan Kamil.

Karim mengatakan Ridwan Kamil dipastikan akan melihat semua berbagai aspek untuk berpasangan dalam Pilpres 2024.

Selain karena kedekatan psikologis, yang ingin dilihat adalah koalisi yang lebih komprehensif.

“Jadi kalkulasi peluang sulit dilakukan sekarang, mengingat peta persaingan belum terbentuk. Yang pasti, popularitas Pak RK yang disebut beberapa lembaga survei berada empat besar adalah fakta politik yang tidak bisa diabaikan,” kata dia.

Baca Juga: Golkar dan Koalisi Tak Mungkin Usung Anies, Sebabnya karena...

Menurut Karim, keputusan Ridwan Kamil diusung oleh partai koalisi tersebut masih sangat terbuka dan dinamis.

“Memang dalam politik itu segalanya masih mungkin. Semua pintu masih terbuka. Semua bakal calon yang memiliki modal elektoral masih akan bermanuver, dan membuat ombak agar hawa politik tetap segar,” katanya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan