Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelaskan DEWG G20, Menkominfo: Bahas Peluang dan Tantangan Digitalisasi

Jelaskan DEWG G20, Menkominfo: Bahas Peluang dan Tantangan Digitalisasi Kredit Foto: Kemenkominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun ini, Indonesia memegang tampuk Keketuaan atau Presidensi G20. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, selaku pengampu Digital Economy Working Group (DEWG), Kementerian Kominfo sedang membicarakan berbagai peluang dan tantangan kemajuan teknologi digital.  

"Saat ini juga, di Yogyakarta tengah berlangsung pertemuan DEWG G20 membahas ketiga isu prioritas yang diangkat pada DEWG, yakni (1) Konektivitas Digital dan Pemulihan Pasca Pandemi COVID-19, (2) Literasi Digital dan Keterampilan Digital, dan (3) Arus Data Lintas Batas Negara (Cross Border Data Flow dan Data Free Flow with Trust)," jelas Johnny saat menyampaikan Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan yang berlangsung di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Kenalkan Angklung, Sekjen Kominfo Ajak Delegasi Sidang Kedua DEWG G20 Terapkan Harmoni

Menteri Johnny menyatakan, salah satu gagasan yang diangkat pada pembahasan isu DEWG adalah people-centered digital connectivity

"Ini berasal dari konsep pembangunan infrastruktur digital negara-negara G20. Pembangunan infrastruktur digital tidak hanya fokus pada aspek teknis saja, melainkan juga memastikan setiap pembangunan dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusianya, termasuk dalam konteks teknologi masa depan seperti Metaverse dan blockchain," jelasnya.  

Menkominfo menjelaskan kerja sama dan kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan Universitas Gadjah Mada telah terjalin erat sejak lama. 

Baca Juga: Menkominfo Bersama DPR RI Tanamkan Kecakapan Digital Bagi Masyarakat Indonesia

"Beberapa di antaranya adalah program Digital Talent Scholarship, Beasiswa Kominfo, Gerakan Nasional Literasi Digital, dan sebagai Knowledge Partner DEWG G20," tuturnya.  

Oleh karena itu, Menteri Johnny mengapresiasi keterlibatan Universitas Gadjah Mada, khususnya sebagai knowledge partner dalam penyelenggaraan DEWG G20. 

"Bersama ini juga saya sampaikan apresiasi kepada Universitas Gadjah Mada, khususnya sebagai knowledge partner dalam penyelenggaraan DEWG G20 pada tahun ini," ungkapnya.  

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan