Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demokrat Ingin Usung AHY di Pilpres 2024, Pengamat Beber Modalnya

Demokrat Ingin Usung AHY di Pilpres 2024, Pengamat Beber Modalnya Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Arif Nurul Imam mengatakan Partai Demokrat memiliki target utama mengantarkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju pada Pilpres 2024.

Soal bergabung dengan partai atau poros politik lain, Arif mengatakan saat ini Partai Demokrat masih menunggu arah angin yang mau tandem dengan AHY.

"Pilihan merapat atau bergabung di poros politik mana faktor tersebut menjadi pertimbangan utama. Meski tidak menonjol, tapi elektabilitas AHY lumayan yang bisa diposisikan sebagai cawapres," kata Arif di Yogyakarta, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Jokowi Tolak Dukung Puan Maharani, PDIP Terpecah Jadi Dua Kubu

Menurut dia, AHY memiliki modal yang sangat besar untuk mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres, yakni modalitas, personalitas, komunikasi politik yang bagus, dan klan politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebagai anak SBY, AHY memperoleh modal yang bersifat pemberian karena berupa warisan nama besar anak Presiden SBY.

"SBY pernah menjabat dua periode menjadi presiden, dan pasti memiliki loyalis dan simpatisan yang masih bisa digerakkan. AHY sendiri memiliki kapasitas yang bagus," ujarnya.

Selain memiliki modal politik yang bersifat pemberian, AHY mempunyai modal yang datang dari dirinya sendiri.

Arif menilai AHY tak sekadar mengandalkan modal politik yang bersifat keberuntungan, melainkan memiliki perpaduan modal politik yang potensial bisa mengeskalasi kiprahnya di panggung politik.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan