Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari Ketiga Konferensi Inklusi Keuangan di El Salvador, BTC Curi Perhatian!

Hari Ketiga Konferensi Inklusi Keuangan di El Salvador, BTC Curi Perhatian! Kredit Foto: Unsplash/Kanchanara
Warta Ekonomi, Jakarta -

Petualangan di El Salvador terus berlanjut. Dalam sebuah video yang diyakini, 44 bankir sentral dan delegasi keuangan dari pasar negara berkembang di seluruh dunia berteriak "Bitcoin!" sambil berpose untuk foto di El Zonte, El Salvador.

Melansir dari Cointelegraph, Senin (23/05), tampaknya pada hari ketiga konferensi inklusi keuangan El Salvador, para bankir sentral ikut menghangatkan inovasi Satoshi Nakamoto, menikmati perjalanan ke Bitcoin (BTC) Beach.

Baca Juga: BTC Tetap Tangguh Meski di Level $30.000, Simak Pendapat Para Ahli Kripto!

Untuk diketahui, El Zonte atau "Bitcoin Beach" adalah rumah Bitcoin di El Salvador, tujuan ikonik bagi penggemar Bitcoin. Ini melahirkan gerakan yang menyebabkan El Salvador menyatakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada tahun 2021.

Nicolas Burtey, salah satu pendiri Galoy Money (perusahaan yang menciptakan dompet Bitcoin Beach), mengatakan bahwa para bankir mengunjungi El Zonte untuk belajar dari tim Bitcoin Beach pada hari Kamis, 19 Mei.

Burtey mengatakan bahwa sentimen terhadap Bitcoin adalah "super bagus" dan bahwa "tidak ada yang mengalahkan pengalaman menggunakan lightning untuk menemukan potensi Bitcoin." Dalam persetujuannya untuk adopsi Bitcoin di seluruh dunia, Burtey berbagi:

"Beberapa bankir sentral mengatakan saya harus bertemu tim mereka di negara mereka."

Para bankir sentral dari negara-negara termasuk Paraguay, Ghana, dan Mesir turun ke kota untuk menghabiskan Satoshi dan berinteraksi dengan penduduk setempat, termasuk beberapa selebriti kecil.

Para bankir bertemu dengan Mama Rosa, salah satu vendor pertama yang menerima Bitcoin di El Zonte pada tahun 2019, untuk membeli pupusas, camilan roti pipih Salvador. Satu Bitcoiner berbagi bahwa mereka membantu "seorang bankir sentral membeli kelapa dari lokal yang tidak memiliki rekening bank di Bitcoin Beach, El Zonte menggunakan Bitcoin."

Presiden Nayib Bukele juga berbagi serangkaian foto para bankir dengan smartphone mereka, menunjukkan dompet El Chivo (infrastruktur pembayaran BTC El Salvador) dan faktur Lightning.

Penting untuk dicatat bahwa konferensi untuk para bankir akan mengatasi inklusi keuangan dan meningkatkan pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah. Penyebutan Bitcoin muncul dalam publikasi resmi acara dan tweet pra-konferensi. Namun, Aliansi untuk Inklusi Keuangan, mitra acara, tidak mengungkapkan Bitcoin dalam agenda acaranya.

Bagi Bank Sentral Paraguay, yang delegasinya hadir, percakapan tentang Bitcoin datang sebagai kejutan di negara pertama di dunia yang membuat tender legal BTC. Bank sentral Paraguay merilis pernyataan resmi pada 16 Mei, menyatakan:

"Fokus pertemuan tidak ada hubungannya dengan cryptocurrency atau sejenisnya. Bank Sentral Paraguay tidak bermaksud untuk membahas cryptocurrency di lingkungan atau pertemuan tersebut."

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan