Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

SEA Games 2021 Rampung, Indonesia Kumpulkan 241 Medali

SEA Games 2021 Rampung, Indonesia Kumpulkan 241 Medali Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

SEA Games 2021 Vietnam resmi berakhir. Indonesia yang menargetkan masuk peringkat ketiga berhasil mendapatkannya. Hingga hari terakhir kemarin, kontingen Merah-Putih meraih 69 medali emas, 91 perak dan 81 perunggu. Total Indonesia mengumpulkan 241 medali.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet.

Ia juga menekankan bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah berjalan di trek yang benar.

"Dibandingkan SEA Games Filipina, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi Alhamdulillah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," kata Amali.

Ke depan, kata dia pihaknya akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat. Apalagi di 2023 ada Asian Games dan SEA Games Kamboja.

"Tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," Ucapnya.

Baca Juga: Raih Empat Emas, Karate Lampaui Target SEA Games

Ia meyakini, jika perubahan paradigma sistem olahraga dijalankan dengan konsisten maka target Olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas 2045, Indonesia bisa masuk lima besar dunia.

Baca Juga: Bank Bjb Teken Kerja Sama Pembayaran Manfaat Pensiun Pegawai Kimia Farma

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: