Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rangkaian Pertemuan Awal Telah Berlangsung, GPDRR 2022 Resmi Dimulai

Rangkaian Pertemuan Awal Telah Berlangsung, GPDRR 2022 Resmi Dimulai Kredit Foto: Reuters/Eduardo Munoz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perhelatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 telah dimulai pada Senin, 23 Mei 2022. Mulai hari ini, berlangsung pertemuan awal atau prepatory day GPDRR yang mengangkat tiga tema besar, yaitu Stakeholder Forum, Multi-Hazard Early Warning Conference III (MHEWC-III), dan World Reconstruction Conference 5 (WRC5).

Pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan awal yang menghadirkan pembicara dari kalangan pemangku kepentingan lintas sektor dari tingkat nasional dan internasional sebelum inti kegiatan GPDRR diselenggaran pada Rabu, 25 Mei 2022.

Baca Juga: Forum GPDRR 2022 Akan Digelar Pekan Ini, Menko PMK Ungkap Target Indonesia

Perwakilan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Mami Mizutori, turut hadir dalam kegiatan Stakeholder Forum. Dalam sambutannya, Mizutori menjelaskan, gelaran Stakeholder Forum yang membuka rangkaian acara GPDRR memiliki prinsip Sendai Framework.

"Sendai Framework memiliki banyak prinsip penting. Salah satunya, kita harus melibatkan seluruh masyarakat karena risiko adalah urusan semua orang," kata Mizutori, Senin (23/5).

Meski demikian, masih banyak kelompok rentan yang tertinggal dalam hal risiko bencana. Mizutori menegaskan, kelompok rentan ini perlu dilindungi dan diberikan ruang agar dapat terlibat saat mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal ini senada dengan spirit GPDRR 2022 yang mengusung sustainable resilience atau ketahanan yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, GPDRR merupakan pertemuan global khusus kebencanaan yang digelar oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tiga tahun sekali. Tahun ini, Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah GPDRR ke-7 dengan mengangkat tema From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a Covid-19 Transformed World.

Kegiatan GPDRR 2022 berlangsung pada 23-28 Mei 2022 di Nusa Dua, Bali.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan